Ingin Cantik, Facebook Beli Tim Desain Sofa

Facebook tampaknya tidak cukup puas menjadi jejaring sosial paling populer di dunia. Untuk meningkatkan jeratan mereka di masyarakat, Facebook berambisi 'mempercantik diri'. Caranya? Facebook merekrut tim startup asal Amsterdam, Sofa.

Tim Sofa akan pindah ke Palo Alto untuk bekerja di markas utama Facebook. Perusahaan yang didirikan pada 2006 dan terkenal dalam mendesain aplikasi Mac ataupun produk e-commerce itu memang sudah lama dikabarkan diicar oleh Facebook. Wajar memang, desain mereka terdiri dari unsur seni yang dicampur pada fitur icon dan interface di beberapa klien papan atas, Mozilla dan Tom Tom misalnya.

Facebook mengaku terkagum dengan hasil kerja Sofa seperti desain Mac ataupun fitur antarmuka dan identitas merek dagang yang mereka ciptakan untuk klien di ranah internet. “Semakin banyak informasi yang kami dapatkan tentang mereka, semakin kami menyadari bahwa ketertarikan mereka dalam bekerja di lingkup tim kecil dan kemampuan menemukan solusi pada masalah besar, sangatlah sesuai dengan budaya kami (Facebook). Kami tidak sabar menanti mereka bergabung dengan kami,” kata Director of Design Facebook, Kate Aronowitz dalam keterangan pers.

Di lain pihak, Sofa mengaku ingin terus bekerja 'sendiri'. Namun setelah Facebook menawarkan kontrak pertama, Sofa mengaku tertarik. Apalagi menurut mereka, Facebook merupakan perusahaan dengan budaya yang menarik dan penuh dengan orang-orang berbakat. “Kami merasa tertantang dan di saat yang sama, kami merasa bisa menyelesaikan apapun disana. Namun yang paling penting, kami percaya di Facebook, kami bisa membuat perubahan berarti di kehidupan banyak orang,” tulis pihak Sofa di blog resmi mereka.

Tim Sofa akan pindah dari Amsterdam ke Palo Alto dalam beberapa minggu mendatang. “Kami yakin akan memasukkan beberapa budaya Belanda di Facebook,” kata mereka lagi.

Meskipun begitu, dua produk utama Sofa yaitu Kaleidoscope dan Versions (keduanya merupakan aplikasi Mac) tidak termasuk dalam akusisi ini. Sofa menjanjikan keduanya tetap dapat digunakan. Dua produk lain, Checkout dan Enstore, juga tetap digunakan berkat kemitraan bersama yang mereka ciptakan.

Kesepakatan ini memang belum sepenuhnya terselesaikan. Tapi tetap saja, akuisisi itu menciptakan keuntungan besar bagi Facebook. Bahkan, Aronowitz sendiri turut andil dalam proses akuisisi. Perempuan itu sebelum bergabung dengan Facebook, bekerja sebagai Direktur Desain LinkedIn.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)