Pangkas Biaya Logistik dengan Vehicle Telematics Indosat | SWA.co.id

Pangkas Biaya Logistik dengan Vehicle Telematics Indosat

Tingginya biaya logistik masih menjadi momok di Indonesia. Minimnya ketersediaan infrastruktur seperti jalan tol, jalan raya, hingga pelabuhan membuat para pengusaha mesti merogoh kocek lebih dalam untuk menutup tingginya biaya pengiriman barang. Inilah yang membuat daya saing produk lokal kalah jauh dari produk sejenis di pasar internasional. PT Indosat Tbk ingin menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan inovasi terbaru berupa layanan vehicle telematics dengan fungsi lengkap yaitu tracking, telematics, dan analytics.

Salah satu layanan M2M Indosat ini menawarkan solusi kepada perusahaan untuk mengelola armada/kendaraan operasionalnya secara lebih efektif dan efisien. Caranya, dengan merekam dan menganalisa pola penggunaan kendaraan secara realtime melalui jaringan seluler dan dapat diakses melalui komputer, gadget, atau smartphone (Android atau iOS) yang terkoneksi ke internet.

“Kami percaya solusi Vehicle Telematics ini akan dibutuhkan sehingga perusahaan dapat melakukan berbagai analisa untuk meningkatkan performansi dan produktivitas, mengurangi biaya/efisiensi serta pengawasan keselamatan pengemudi maupun aset perusahaan,” kata Joy Wahjudi, Director & Chief Sales & Distribution Officer Indosat dalam rilisnya.

Tampak pada gambar Joy Wahjudi, Director & Chief Sales & Distribution Officer Indosat (kanan), Yorgos Fragioudakis, Group Head Enterprise (dua dari kanan), Sergey Gerashchenko Group Head Business Products (tiga dari kanan), Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solutions (dua dari kiri), dan Mirela Juravle, Division Head M2M Project (kiri) saat peluncuran layanan M2M Vehicle Telematics. (kanan-kiri) Joy Wahjudi, Director & Chief Sales & Distribution Officer Indosat, Yorgos Fragioudakis, Group Head Enterprise, Sergey Gerashchenko Group Head Business Products, Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Solutions, dan Mirela Juravle, Division Head M2M Project saat peluncuran layanan M2M Vehicle Telematics.

Solusi Vehicle Telematics ini akan merekam berbagai data operasional kendaraan yang disimpan otomatis dan terstruktur dalam database sesuai kebutuhan. Ke depan, perusahaan transportasi, logistik, distribusi, dan penyewaan kendaraan, akan memiliki data lengkap meliputi penggunaan bahan bakar, pemeliharaan mesin, tenaga pengemudi, luas wilayah operasional, serta beban yang diangkut perusahaan. Termasuk kondisi eksternal seperti kondisi jalan, lalu lintas, kemacetan, dan lainnya.

Alat vehicle telematics ini berupa On Board Diagnostic (OBD) yang dapat dipasang secara Plug&Play oleh pemilik kendaraan sendiri, di konektor yang terhubung ke Electronic Control Unit (ECU) yang ada di tiap kendaraan. Alat ini terintegrasi (built-in) dengan fungsi lacak (tracking dan geofencing) dan sensor getar. Vehicle telematics dari Indosat juga dilengkapi dengan fitur aplikasi seperti monitoring rute (tracking) dan diagnosa data secara realtime, analisa data & trend yang dilengkapi dengan diagram, dan tetap merekam data meski berada dalam kondisi blank spot dan seketika dikirim pada saat kendaraan masuk dalam coverage GSM.

“Bagi pemilik kendaraan, layanan ini bermanfaat untuk menginformasikan kondisi kendaraan secara rinci sehingga mengetahui jadwal pemeliharaan kendaraan. Bagi perusahaan asuransi, informasi yang dihasilkan layanan ini dapat dijadikan dasar investigasi klaim. Kami yakin layanan Vehicle Telematics ini dapat diterima para pelanggan bisnis untuk mendukung operasional bisnisnya,” kata Mieke S. Djalil Head of B2B Transformation Indosat.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)