Inilah Trik Siasati Biaya Data yang Membengkak

Seiring penggunaan data ponsel yang berkembang pesat di Indonesia, muncul kekhawatiran biaya membengkak karena akses data berdasarkan kuota. Apalagi, riset menunjukan akses Facebook.com mencapai 200kb data. Karena itu, Opera memberi 'siasat' meminimalisir beban data di ponsel.

Saya tidak ingin dikejutkan oleh tagihan telepon dan tidak ingin mengakses laman dengan kuota yang besar. Saya hanya ingin memeriksa email, membuka situs favorit saya dan menggunakan aplikasi,” ujar Lars Boilesen, CEO, Opera Software. “ Saya kira hampir semua orang merasakan hal yang sama. Karena itu kami merekomendasikan sebuah strategi yang masuk akal yang dapat anda lakukan.”

Trik pertama adalah membuka email secara penuh bila diperlukan dan mengatur aplikasi yang menghabiskan banyak data. Nonaktifkan fasilitas ‘push notifications’. Selain itu, Opera menyarankan penggunaan browser Opera Mini untuk menghindari pengunduhan data terlalu banyak. Trik selanjutnya, pengguna sebaiknya menghindari streaming lagu dan tetap menggunakan daftar lagu lokal yang tersimpan di ponsel saat bepergian.

Selain itu, pertimbangkan untuk membuka laman versi mobile. Selain itu, konsumen sebaiknya mematikan fasilitas gambar / foto. Terakhir, konsumen sebaiknya menghindari video HD pada Youtube ketika menjelajah pada koneksi mobile. Sekitar 10 menit video HD per hari dapat mencapai kuota 2 GB.

Data Opera juga menunjukkan pertumbuhan kunjungan halaman sejak Juni 2010 sebesar 22.0 % dan pertumbuhan pengunjung unik sejak Juni 2010 sebesar 41.6 %. Selain itu, pertumbuhan transfer data di periode yang sama sebanyak 50%. Rata-rata transfer data pengguna adalah 8 MB. Facebook menjadi juara terkait situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu mengalahkan Google di peringkat dua dan YouTube di peringkat tiga.

Tags:
biaya Data Opera

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)