Listed Articles

iPad Raup 85% Pangsa Pasar

iPad Raup 85% Pangsa Pasar

ABI Research mengumumkan bahwa tablet keluaran Apple, iPad, berhasil mendominasi pangsa pasar komputer tablet di 2010 sebesar 85%. Memang, ini bukanlah berita mengejutkan mengingat di tahun tersebut, pesaing Apple belum gencar keluarkan ‘senjata’. Samsung Galaxy Tab berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 8% dan tablet Archos sebesar 2%.

Setelah memamerkan iPad di awal 2010, perusahaan komputer tablet turut berlomba merilis produk unggulan mereka. Sebut saja PlayBook dari Research In Motion, Xoom dari Motorola, Galaxy Tab dari Samsung, Eee Slat dari Asus, dan lainnya. Tidak hanya tablet, pasar diramaikan pula dengan netbook, eBook reader dengan koneksi broadband ataupun smartphone.

“Dengan banyaknya pilihan untuk konsumen dan besarnya kesempatan untuk bisnis perangkat seluler, kami berharap berbagai kategori produk memberikan keuntungan dalam waktu dekat,” ujar analis senior ABI Research, Jeff Orr. Apalagi, ABI juga memprediksi produsen akan mengapalkan 40 sampai 50 juta tablet ke seluruh dunia pada 2011.

Lembaga studi ini juga memprediksi banyaknya tablet dengan fitur minimum dan berharga murah untuk menyaingi harga yang ditawarkan iPad sebesar US$499. Selain itu, tablet dengan sistem operasi Android akan meramaikan pasar di 2011. Apalagi keberadaan sistem operasi Honeycomb (Android) tidak dapat disepelekan dengan mudah oleh iPad 2.

Di sisi lain, CEO Acer mengklaim pangsa pasar iPad akan menurun menjadi 20% di beberapa tahun mendatang mengingat menjamurnya komputer tablet di pasaran. Sayangnya, perkiraan ini dibantah oleh iSuppli yang menyebutkan iPad akan mendominasi pasar hingga 2012.

Pada akhir 2010, iSuppli mengestimasikan iPad akan meraup tiga perempat pengiriman tablet global dan tidak akan ada pesaing tablet yang layak untuk iPad hingga 2011. Memang, jika berbicara soal kuantitas pengapalan tablet di pasaran, iPad masih jauh lebih unggul dari para pesaing. Isuppli juga memprediksi di 2011, pangsa pasar Apple di atas 70%.

Apple dinyatakan unggul dari produsen lain dalam memperkenalkan tablet karena mengintegrasikan hardware, software, sistem operasi dan aplikasi yang baik. Mereka berhasil memperkenalkan kombinasi pengalaman penggunaan yang menyeluruh.

“Meskipun iPad tergolong baru di pasaran, tingginya ketertarikan terhadap bisnis teknologi dan keberhasilan mengerahkan sumber daya dalam lingkup besar membuat dominasi Apple dalam pasar berkembang pesat. Jika dilihat dalam sisi sejarah, akan memakan waktu lama bagi perusahan lain untuk mempopulerkan produk mereka di pasaran,” ujar Direktur Pengawasan Riset iSuppli, Rhoda Alexander.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved