Jejaring Sosial Tak Sekadar 'Tempat Bermain' Komunitas

Jika berbicara soal jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, banyak orang masih menganggap media tersebut hanya sekadar wadah having fun dan hiburan. Namun ternyata, banyak pengusaha muda yang mampu memanfaatkan interaksi di jejaring sosial sebagai pundi uang. Seperti apa?

 

Jejaring sosial di tanah air terus berkembang pesat seiring dengan penetrasi perangkat seluler dan Internet yang semakin tinggi. Tidak hanya itu, media sosial menjadi sarana komunikasi 'menyenangkan' yang menghubungkan banyak pihak secara terbuka di dunia maya. Bukan cuma individu, beberapa sektor industri juga menggunakan jejaring sosial dalam komunikasi strategis untuk berbicara dengan pelanggan secara langsung.

 

Konsumen menjadi lebih powerful dalam industri. Selain itu, jejaring sosial pun memiliki dampak positif yang lain dalam masyarakat."Kami berharap pengguna jejaring sosial dapat semakin memperoleh manfaat positif dari sosial media dan memberi dampak positif lebih luas bagi masyarakat, " kata Daniel Horan, Chief Marketing Officer Axis.

Reza Puspo, Pendiri dari Komunitas IndoRunners, mengatakan: "Saat ini telah 2,900 orang tercatat sebagai anggota komunitas yang menggiatkan lari sebagai kegiatan olah raga dan hal ini dimungkinkan oleh penggunaan jejaring sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Jejaring atau media sosial memberi manfaat positif bagi IndoRunners, dimana lari juga terlihat sebagai olah raga yang menyenangkan."

Reza menambahkan, "Untuk kedepan, IndoRunners tetap akan memperluas basis komunitas melalui platform sosial media. Tetapi, tidak hanya online, untuk komunikasi online yang kuat, harus diimbangi dengan info offline yang kuat juga, sehingga aktifitas offline diperlukan, misalnya berkumpul anggota."

Natali Ardianto, salah satu penggagas komunitas StartupLokal yang berfokus pada mendorong wirausaha usaha berbasis teknologi mengatakan, "Komunitas StartupLokal memperoleh banyak dampak positif dari jejaring sosial media untuk saling berbagi ilmu tentang wirausaha dikalangan pekerja IT dan ditahun 2012 akan tetap menjalankan semangat berbagi dan membagikan semangat wirausaha melalui platform online. Selain itu, kegiatan offline tetap berjalan untuk menyebarkan semangat wirausaha ini."

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa gerakan berbasis jejaring sosial yang memberikan dampak penting terhadap opini masyarakat seperti #KamiTidakTakut #IndonesiaUnite dalam menggalang rasa nasionalisme masyarakat, #IndonesiaBisa dalam mendukung Sea Games 2011, #StarUpLokal dalam mendukung dunia wirausaha Tanah Air.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)