Kalahkan AS, Cina Jadi Pasar Smartphone Terbesar

Cina mengambil alih posisi Amerika Serikat sebagai pasar smartphone terbesar di dunia, dalam lingkup volume. Survei yang dilakukan oleh Strategy Analytics itu menemukan bahwa 23,9 juta smartphone dikapalkan ke Cina pada kuartal ketiga. Di sisi lain, Amerika Serikat hanya 'menyerap' 23,3 juta unit smartphone.

Pengapalan smartphone di kuartal ketiga ini menunjukkan bahwa Cina mengalami pertumbuhan sekitar 58% dibandingkan kuartal kedua. Di sisi lain, Amerika Serikat mengalami penurunan penjualan 7% di periode yang sama. “Cepatnya pertumbuhan Cina salah satunya tampak dari peningkatan jumlah penjualan smartphone di lingkup ritel. Pertumbuhan agresif itu didukung oleh operator dan model terbaru seperti iPhone dari Apple serta serbuan ponsel Android murah dari merek lokal Cina, ZTE misalnya,” kata Tom Kang, Direktur Strategy Analytics.

Nokia masih memimpin pasar smartphone Cina dengan pangsa pasar 28% sedangkan HTC meraup pasar smartphone Amerika Serikat sebesar 24%,” kata Tom Kang lagi. Inilah pertama kalinya Cina melampaui posisi Amerika Serikat dalam lingkup pengapalan smartphone.

Neil Mawston, Executive Director Strategy Analytics menambahkan, “Amerika Serikat masih menjadi pasar smartphone terbesar di dunia jika berbicara dalam lingkup pendapatan. Namun, Cina melampaui Amerika Serikat dalam hal jumlah. Cina saat ini berada di depan 'ledakan' komputasi seluler di seluruh dunia. Cina menjadi pasar smartphone yang terus berkembang besar. Tidak ada vendor hardware, produsen komponen ataupun pengembang konten yang bisa menghiraukan kenyataan itu.”

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)