Kerugian Nokia 68 Juta Euro di Kuartal Ketiga

Nokia Oyj melaporkan kerugian yang cukup tinggi seiring dengan menurunnya permintaan ponsel asal Finlandia tersebut. Meskipun, Nokia mengklaim kerja sama dengan Microsoft Corp dapat memperbaiki keadaan. Tidak hanya itu, Nokia mulai melirik penjualan ponsel low end di beberapa negara berkembang.

 

Net loss Nokia di kuartal ketiga sebesar 68 juta euro (US$ 94 juta), ujar perusahaan yang berbasis di Espoo, Finlandia. Sebelumnya, analis memperkirakan kerugian sekitar 229 juta euro. Pengapalan handset berharga murah naik 8% menjadi 90 juta unit, didorong oleh model ponsel yang berfitur dua slot kartu SIM. Nokia menjual perangkat seluler dual-SIM sebanyak 17,9 juta unit. CEO Nokia, Stephen Elop diperkirakan memperkenalkan ponsel yang memanfaatkan perangkat lunak Windows Phone terbaru dari Microsoft pada acara Nokia World di London, minggu depan.

 

Agar dapat pindah ke platform baru itu, perusahaan perlahan menyingkirkan model ponsel yang memanfaatkan Symbian sebagai cara bersaing dengan Apple Inc dan Google Inc. “Hasil yang baik di lingkup handset itu terkait dengan penjualan perangkat dual-SIM dan jaringan di Cina,” ujar Alexander Peterc, analis di Exane BNP Paribas. Saat ini, nilai perusahaan sekitar US$ 17,7 miliar euro.

 

Nokia mengatakan Februari lalu, transisi ke Windows Phone sebagai platform handset utama akan dimulai tahun ini dan dikapalkan dalam jumlah besar tahun depan. Selain itu, Elop juga menyebutkan perusahaan akan mulai berekspansi di beberapa negara pada 2012. Pendapatan kuartal ketiga perusahaan turun 13% menjadi 8,98 miliar euro. Pengapalan total produk Nokia sebanyak 106,6 juta unit. Untuk perangkat smartphone, perusahaan mengapalkan 16,8 juta unit.

 

Di lain pihak, Apple menjual 17,07 juta unit iPhone di kuartal ketiga. Minggu lalu, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu bahkan menjual lebih dari 4 juta iPhone 4S. Meskipun begitu, Nokia tampaknya tidak ingin menyerah kalah. “Kami mulai melihat tanda-tanda perbaikan di banyak area,” ujar Elop. Inovasi dan kemampuan untuk memotong biaya operasional menjadi target jangka panjang perusahaan.

 

Seperti yang Anda lihat pada peluncuran produk pertama, Anda akan melihat tanda-tanda pertama adanya diferensiasi relatif dengan Android ataupun produk iPhone. Selain itu, ada perbedaan pula dengan pemain lain yang memanfaatkan ekosistem Windows,” tegas Elop.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)