Kolaborasi Co-Branding GRAB - Wonderful Indonesia Garap Pasar Wisatawan ASEAN

 

Tim Kementerian Pariwisata yang dipimpin Menteri Arief Yahya dan Plt. Deputi Pemasaran 1, Ni Wayan Giri Adnyani bersama Tim Grab Singapura dan Indonesia yang dipimpin Hooi Ling Tan, Co-founder of Grab dan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.***

 

Asia Tenggara menjadi salah satu fokus Kementerian Pariwisata untuk mendorong jumlah kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia. Tahun ini, target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 17 juta. Dan pada 2019, industri pariwisata diperkirakan akan menyumbang pendapatan terbesar untuk Indonesia, sebesar US$20 miliar.

Untuk mewujudkan sasaran di atas, Kementerian Pariwisata (KemenPar) sudah menjalankan sejumlah program. Salah satu program terbaru KemenPar adalah "Co-Branding Wonderful Indonesia - Grab".

Dalam rangka itu pula lah, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama dengan Plt. Deputi Pemasaran 1, Ni Wayan Giri Adnyani, dan tim Co-Branding Kemenpar menghadiri acara Launching Co Branding Wonderful Indonesia-Grab. Pada acara ini juga turut hadir Hooi Ling Tan, Co-founder of Grab, Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, Ongki Kurniawan, Executive Director Grab Indonesia, dan Lionel Yeo, CEO Advisor Grab.

 

 

Acara launching diawali dengan sesi penjelasan oleh Ridzki Kamabrata, yang diikuti sambutan dan tanya jawab dengan Menteri Pariwisata, serta penandatanganan sekaligus pertukaran kaos Wonderful Indonesia dan Grab yang diakhiri dengan tur keliling area kantor Grab dan pemesanan Grab Premium untuk melanjutkan perjalanan Menteri Arief Yahya di acara berikutnya.

 

Berdiri mulai dari kiri: Jay Wijayanto, Director of External Affairs Co-Branding; (kaos hijau) Ongki Kurniawan, Executive Director Grab Indonesia; (baju batik) Lionel Yeo, CEO Advisor Grab; Hooi Ling Tan, Co-founder of Grab; Menteri Arief Yahya; Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia; Priyantono Rudito, Executive Director Co-Branding, bersama Tim GRAB Singapura.***

 

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata (Menpar) Republik Indonesia Arief Yahya menjelaskan strateginya untuk pasar Asia Tenggara dan mengapresiasi dukungan yang diberikan Grab dalam membantu memperkenalkan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi untuk menggarap pasar wisatawan Asia Tenggara. Grab memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di wilayah ini, termasuk kaum milenial yang telah menggunakan Grab untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Menpar percaya kemitraan ini akan membantu mempromosikan Wonderful Indonesia dan membantu lebih banyak masyarakat Asia Tenggara untuk menjelajahi keindahan Indonesia.

 

Menteri Arief Yahya meninjau suasana kantor Grab Singapura didampingi Hooi Ling Tan, Co-founder of Grab.***

 

Pihak Grab menindaklanjuti kerja sama ini dengan mempromosikan 10 Destinasi Prioritas, dan menyediakan layanan yang mempermudah wisatawan berkeliling di berbagai lokasi di Indonesia. Target yang dituju dari kerja sama ini adalah promosi Calendar of Events Indonesia, mempromosikan program Hot Deals (berbagai paket hotel dan tiket penerbangan dengan harga diskon), dan promosi 10 Destinasi Prioritas.

Kolaborasi dua merek yang sama-sama memiliki brand equity yang kuat di tingkat dunia dan regional ini diharapkan akan saling menguntungkan (win-win) dan terutama akan sangat mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia dan semua industri yang terkait.

 

Menteri Arief Yahya dan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, bertukar kaos oblong.***

 

Mengenai brand Wonderful Indonesia, saat ini sudah menduduki peringkat 47 besar di kluster 1 dunia. Prestasi ini dapat diraih setelah dilakukan promosi besar-besaran sejak 2015. Dan Wonderful Indonesia sudah menjadi penyumbang terbesar Country Branding Indonesia, yang valuasinya hampir US$ 1 Triliun.

Grab sendiri merupakan digital company yang sudah merambah 8 negara di kawasan Asean. Aplikasinya bisa digunakan di 8 negara di ASEAN. Grab merupakan pemain regional yang nilai perusahaannya sudah mencapai US$ 10 Miliar.

 

Menteri Arief Yahya dan Hooi Ling Tan, Co-founder of Grab.***

 

 

Menteri Arief Yahya siap mencoba GRAB Premium di Singapura.***

 

Dengan menjalankan kolaborasi co-branding, maka akan dapat dilakukan promosi bersama dan berbagai macam program co-creation untuk antara lain bersama-sama membesarkan brand masing-masing. Hal ini dapat dijalankan dengan baik, karena kedua brand punya irisan customers yang sama, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Sebagai gambaran, wisatawan Asean yang ke Indonesia saat ini mencapai sekitar 40%. Dan wisatawan mancanegara sebesar itu juga sama-sama menjadi customers Grab.

swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)