Listed Articles Business Research

Konsumen Digital Menunjukkan Pertumbuhan Tren Positif

Nielsen Media Indonesia merilis temuannya mengenai Digital Consumer 2s019. Hasilnya, ebanyak 98% netizen menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses internet dalam 2 tahun terakhir.

Disusul dengan laptop yang diakses oleh 65% netizen dan 55% netizen menggunakan desktop PC. Namun netizen yang mengakses melalui smart tv mengalami peningkatan yang cukup signifikan (17%) di tahun 2019 dibandingkan tahun 2017 (7%).

Hellen Katherina, Executive Director Nielsen Media Indonesia, mengatakan netizen di Indonesia menunjukkan sebagian besar waktu mereka di internet untuk mengakses sosial media. Adapun kegiatan berbelanja online mencapai puncaknya di jam kerja (sekitar pukul 09.00-15.00) setiap harinya. Dari Nielsen Digital Consumer 2019, dalam 1 bulan terakhir 67% online shopper dapat menghabiskan Rp 50.000 – Rp 500.000 untuk berbelanja online.

Kategori yang paling banyak dibeli netizen adalah kategori produk fashion (72%), disusul kategori makanan dan minuman (42%), gadget / elektronik (41%), lalu kebutuhan sehari hari dan kategori kosmetik/perawatan wajah dengan masing-masing 40%.

Melihat lebih dalam tren belanja online, metode pembayaran pun kini telah beralih menggunakan pembayaran digital yang dikenal dengan e-wallet. Sebanyak 56% netizen kini telah memilih menggunakan metode pembayaran digital (e-wallet) hampir setiap hari. Kebanyakan dari mereka dengan 81% netizen menggunakan pembayaran digital (e-wallet) ini untuk membayar makanan dan minuman.

Disusul dengan 72% netizen yang menggunakan e-wallet untuk transaksi transportasi dan sekitar 41% netizen menggunakan untuk membayar tagihan-tagihan (kartu kredit, listrik, air, dsb.). “Aplikasi e-wallet yang digunakan pun sangat beragam, namun OVO terlihat lebih dominan dengan 80% pengguna,” ujarnya.

Untuk keperluan menonton video, selain Youtube ada banyak pilihan platform maupun situs baik yang gratis maupun yang berlangganan. Namun Youtube adalah platform yang paling banyak digunakan netizen (68%) untuk menikmati konten acara TV atau film.

Terkait mendengarkan musik di internet, rupanya platform sharing musik dan aplikasi musik yang premium masih sangat digandrungi oleh netizen. 67% netizen mendengarkan musik atau radio melalui platform sharing seperti Youtube atau Dailymotion. Sedangkan 57% netizen memilih melalui aplikasi musik freemium seperti Spotify, Joox, Apple Music dsb.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved