Kumpulkan Angel Investor, GEPI Bentuk ANGIN

Kurangnya jumlah entrepreneur Indonesia ternyata mengundang sekelompok investor turun tangan. Mereka menyokong berbagai program inkubasi entrepreneur termasuk Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI). Untuk memperkuat ekosistem entrepreneur GEPI, para investor tersebut membentuk Angel Investor Network (ANGIN) Indonesia.

Rencananya, GEPI akan menyelenggarakan seminar bertema angel investment pada Kamis, 12 Juli 2012. Seminar tersebut merupakan dimulainya inisiatif GEPI yaitu ANGIN Indonesia. Sebagai bagian dari upaya GEPI membangun ekosistem kewirausahaan, ANGIN Indonesia memberikan akses kepada modal, bimbingan dan jejaring kepada wirausaha kecil dan menengah. Workshop ini sendiri akan difasilitasi oleh the Angel Resource Institute dari Amerika Serikat.

Mengangkat tema: “The Power of Angel Investing”, seminar ini memberikan pandangan menyeluruh tentang manfaat menjadi angel investor. Akan dipaparkan pula bagaimana menjadi angel investor untuk start-up tahap awal, faktor pertimbangan dalam menjadi angel investors, serta metode evaluasi investasi dan mengatur hubungan angel investor dengan start-up. Angel investment merupakan pendanaan yang tidak bersumber dari keluarga atau teman dari pemilik usaha, melainkan dalam skala lebih kecil dari Venture Capital.

“Yang merupakan kesatuan penting dari angel investment adalah memberikan bimbingan dan jejaring untuk membantu pengembangan usaha dari pengusaha tahap kecil dan medium, dan bukan hanya memberikan investasi dana," Chairman of GEPI, Chris Kanter, menjelaskan.

Tujuan akhir dari angel investment ini adalah memberikan investor pengetahuan dan informasi yang diperlukan dalam mengidentifikasi dan berinvestasi untuk start-up potensial. Selain itu pengalaman bagaimana mendampingi dan membimbing start-up pun akan dibagikan dalam seminar tersebut agar dapat menjadi manfaat untuk sang pengusaha maupun investor.

Seminar “The Power of Angel Investing” akan menampilkan instruktur John May and Michael Cain dari Angel Resource Institute, United States. Pembicara lain adalah Ir Ciputra (Honorary Chairman of GEPI), Jaka Singgih (Board member of GEPI), Peter Ng (Partner Advisor Tax Services Ernst & Young), Martin Hartono (CEO GDP Venture/ Business Technology Director PT. Djarum), Edi Taslim (Vice Director of Kompas.com and Digital Director of Kompas Gramedia) dan Andy Sjarif (CEO SITTI.com).

John May dan Michael Cain pun akan berbicara dan memberikan sesi untuk umum sekaligus pitch untuk angel investor pada hari Rabu, 11 Juli 2012 di @america, Pacific Place Mall pukul 18.00 sampai 21.00.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)