Laba Bersih Bank Permata Naik 23%

Dalam 9 bulan pertama di tahun 2011 ini Bank Permata mencatat prestasi yang lumayan kinclong. Laba  bersih  Bank Permata setelah pajak (konsolidasi - tidak diaudit) pada  kuartal  III  2011  tercatat  sebesar  Rp  962  miliar  atau meningkat 23% year-on-year (YoY) dari Rp 781 miliar  pada periode yang sama tahun 2010.

 

Total  laba operasional secara konsolidasi tumbuh 18% yoy menjadi Rp 1,117  triliun  didorong  oleh  pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan  berbasis  biaya  (fee based income). Pendapatan bunga bersih tumbuh 25% yoy  menjadi  Rp  2,99 triliun sementara itu pendapatan berbasis biaya naik 17%  yoy menjadi Rp 748 miliar.  Adapun pertumbuhan kredit  mencapai sebesar 39% yoy menjadi Rp 64,6 triliun pada akhir periode dari Rp 46,4  triliun dibanding tahun sebelumnya. Total aset secara konsolidasi per  30  September  2011  mencapai  Rp  92,6 triliun, naik 38% yoy dari Rp 66,9  triliun per 30 September 2010.

 

Di  sisi  kewajiban,  basis pendanaan kian beragam dan secara berkelanjutan terus  tumbuh.  Simpanan  dalam  bentuk  Syariah meningkat sebesar 116% yoy  menjadi  Rp  2,9  triliun.  Sementara  itu  dana pihak ketiga konvensional  meningkat  29%  yoy  menjadi  Rp  69,0 triliun. Giro dan tabungan ("CASA") mencatat  kenaikan  yang  baik  yaitu masing-masing sebesar 13% dan 19% yoy  menjadi  Rp  13,9   triliun  dan  Rp  13,8  triliun,  sementara  deposito meningkat  39% yoy menjadi Rp  41,2 triliun di akhir September 2011. Dengan demikian komposisi dana murah (CASA) mencapai  40% dari total simpanan.

 

Adapun  non  performing  loan (NPL) Gross turun menjadi 2,3%  per 30 September 2011, dibandingkan dengan 3,2% tahun sebelumnya, sementara  Net NPL turun menjadi 0,7% dari 0,9% pada periode yang sama tahun lalu. Rasio  Kecukupan  Modal  (CAR)  Bank Permata di periode serupa sebesar 14,8%, naik 185 bps dari tahun sebelumnya.

Ekuitas  pemegang saham tumbuh 56% yoy menjadi Rp  8,884 triliun pada akhir  September 2011.  "Saya senang dapat menyampaikan kinerja PermataBank yang sangat  baik  dan  berkesinambungan  dalam  sembilan bulan pertama tahun 2011. Kami  berkomitmen  penuh  untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah, tumbuh  kuat  secara   berkelanjutan  dan  memberikan  nilai yang unggul bagi semua  pemangku  kepentingan  kami  melalui  perbaikan yang terus menerus terhadap  infrastruktur  dan  kemampuan  seiring  upaya  kami untuk secara sistematis  mengejar peluang di pasar perbankan Indonesia," ujar David  Fletcher, Direktur Utama Bank Permata.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)