Laba Bersih Semester Satu ZTE Anjlok 12,4%

Nampaknya semester ini bukanlah milik ZTE Corporation (ZTE). Sebabnya, laba bersih vendor telekomunikasi dan jaringan tersebut turun 12,4% dibanding semester serupa tahun sebelumnya dan kini 'hanya', mencapai RMB 768,52 juta. Meski demikian pendapatan operasionalnya meningkat cukup lumayan, mencapai 21,6% atau RMB 37,35 miliar.

Dalam rilisnya disebutkan penurunan laba ini disebabkan strategi peluasan pangsa pasar ZTE, perubahan dalam struktur produk dan pengembalian subsidi PPN perangkat lunak yang tertunda. " Pendapatan dari pasar internasional meningkat sebesar 36,4% dari tahun ke tahun hingga RMB 20,81 miliar, terhitung sebesar 55,7% dari pendapatan operasional perusahaan," ujar Natalia Susanto, PR & Branding Manager ZTE.

Pendapatan kontrak produk nirkabel ZTE disebut-sebut juga meningkat secara substansial dalam periode interim. " Perusahaan juga mencapai posisi terdepan dalam bidang utama produk wireline seperti PTN, FTTX, MASN dan DSLAM," tambah Natalia.

"ZTE mengadopsi sebuah pendekatan agresif sebagai bagian dari tahap penting dalam memperoleh akses ke pasar terminal smart utama," Natalia menguraikan. ZTE juga disebut telah menjual 60 juta produk terminal, termasuk 5 juta terminal smart dalam enam bulan pertama tahun ini. Hal ini merupakan peningkatan 400% tahun-ke-tahun dalam penjualan terminal smart. Akibatnya, pendapatan operasi untuk produk-produk handset ZTE sebagai sebuah persentase dari total pendapatan operasi meningkat menjadi 30% dari 25,4% pada periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan marjin laba kotor untuk produk-produk handset menurun menjadi 19,6% dari 22,7% di periode sebelumnya. Selain itu, ZTE juga telah berinvestasi strategis dalam layanan-layanan telekomunikasi, komputasi awan, perangkat-perangkat jaringan internet dan investasi di sektor lainnya. ZTE juga mendirikan sebuah perusahaan venture capital internal untuk mencari peluang-peluang guna memperluas pasar.

" Kedepan, ZTE akan memanfaatkan peluang dalam investasi domestik, pembangunan jaringan broadband global dan upgrade jaringan nirkabel, serta akan berusaha untuk menjaga keseimbangan positif antara skala bisnis dan keuntungan perusahaan," kata Natalia. Hal ini akan dicapai dengan tujuan dasar untuk mempertahankan pertumbuhan yang stabil dalam skala bisnis perusahaan. ZTE juga akan meningkatkan efisiensi operasi perusahaan dan berupaya untuk mengendalikan biaya-biaya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)