Layanan BlackBerry Terganggu, RIM Kelabakan

Research In Motion Ltd (RIM) bergegas memperbaiki layanan BlackBerry setelah hampir sebagian besar pengguna smartphone itu di seluruh dunia mengeluh kegagalan pengiriman data. Ini termasuk masalah besar mengingat sekitar 70 juta pelanggan BlackBerry yang tersebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia mengeluh gangguan layanan pengiriman email, pesan singkat dan web browsing.

RIM mengungkapkan bahwa masalah tersebut terkait kegagalan hardware di jaringan infrastruktur perusahaan. Chief Technology Officer RIM, David Yach, menegaskan bahwa perusahaan tidak melihat adanya sinyal pembajakan atau masalah dalam sekuritas, sesuatu yang dikhawatirkan masyarakat sebelumnya. Beberapa lembaga pemerintah AS juga sempat menyebutkan bahwa RIM mengalami masalah internal. Rute pengiriman email dan berbagai data di BlackBerry memang memanfaatkan jaringan internal Research In Motion.

Meski pengiriman data masih berlangsung lambat di BlackBerry, perusahaan menegaskan telah memperbaiki masalah hardware. Namun, RIM juga mengakui bahwa akan muncul 'penundaan tambahan' akibat teknisi masih memperbaiki 'backlog' data pengguna. Konsumen di Eropa, Timur Tengah dan Afrika sudah menderita akibat kegagalan layanan ini sejak Senin lalu.

Perusahaan terpaksa mengalami masalah di trafik data pada server di seluruh dunia sebagai cara menangani backlog,” ujar Yach dalam keterangan pers. Hal tersebut berdampak pada layanan di Jepang, Singapura dan Amerika Utara. Beberapa lembaga pemerintah AS seperti Kementerian Keuangan AS mengakui terjadi gangguan. Namun, ini tidak berdampak pada operasional kerja rutin.

Risiko terbesar atas gangguan ini adalah pelanggan BlackBerr mungkin beralih ke merek smartphone lain. Apalagi, Co-chief executive Jim Balsille dan Mike Lazaridis berada di bawah tekanan para pemegang saham untuk mengatasi penjualan BlackBerry yang kian lesu. Penjualan komputer tablet PlayBook juga tidak seperti yang diharapkan. “Harapan masyarakat atas sebuah layanan sangatlah tinggi saat ini,” ujar Abhi Ingle, Wakil Presiden Business Solution Group di AT&T Inc. “Jika muncul sedikit kesalahan, masyarakat akan tahu.”

Meskipun ditimpa semua masalah itu, RIM mengklaim pasar luar negeri masih berkembang dan loyalitas pelanggan tetap kuat di seluruh dunia. “Sesuatu yang mungkin disadari masyarakat adalah BlackBerry akan selalu mengirim email Anda secara real time,” ujar analis Forrester, Charles Golvin.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)