Lelah Berlebihan? Inilah 5 Trik Kerja Produktif

 

Pernahkah Anda merasa lelah berlebihan namun hasil kerja tidaklah luar biasa? Jika iya, mungkin Anda perlu membenahi cara kerja maupun pola pikir. Dunamis Organization Services memperkenalkan solusi baru untuk membantu setiap individu meningkatkan kualitas kerja dan meraih produktivitas yang 'extra ordinary'. Seperti apa?

 

Berdasarkan penelitian oleh FranklinCovey, sebagian besar pekerja profesional hanya menggunakan 30% waktunya untuk hal-hal penting, 70% lainnya digunakan untuk mengurus 'tetek bengek' yang tidak berguna. Akibatnya, kinerja pun terganggu. Masalah tersebut sebenarnya tidaklah turun dari langit. Ada tiga hal yang mempengaruhi seorang pegawai tidak mampu bekerja maksimal dan meraih hasil luar biasa. Pertama, perhatian sang pegawai mudah terganggu. Kedua, jumlah keputusan yang harus diambil dan kompleksitas masalah semakin tinggi. Ketiga, krisis energi.

 

"Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan hal luar biasa. Karena itu, kita harus melakukan manajemen ulang dalam hidup," kata Ronald Manalu dari Dunamis Organization Services. Ada lima pilihan yang akan membantu meningkatkan produktivitas seorang pekerja profesional.

 

Pertama, 'Act on the Important, don't react to the urgent'. Ini berarti seorang pegawai harus bertindak pada hal-hal penting, bukan reaktif pada hal-hal mendesak. Pada tahap ini, setiap orang harus memiliki kemampuan untuk memilah dan memilah prioritas kerja. "Kita berbicara soal bagaimana Anda mengontrol hidup dan menentukan prioritas," kata Ronald lagi.

 

Kedua, 'Go for Extraordinary, don't settle for ordinary'. Ini berarti Anda harus menentukan tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal dan tidak melakukan pekerjaan hanya dengan cara yang biasa. "Anda harus melakukan revisi atas tujuan yang ingin Anda dapatkan. Jangan lupa, Anda pun harus memahami dengan tepat potensi diri Anda sendiri," ujar Ronald.

 

Ketiga, 'schedule the big rocks, don't sort grave'. Pada dasarnya, setiap pekerja profesional harus memiliki jadwal prioritas dan berkomitmen tinggi dalam melakukan eksekusi. Keempat, mengontrol teknologi yang 'melingkupi' hidup Anda. "Tanpa kita sadari, segala aspek hidup kita berkaitan dengan teknologi. Bahkan, beberapa diantara kita bergantung pada smartphone secara berlebihan. Inilah yang harus dikontrol agar tidak mengganggu kerja," ungkap Ronald.

 

Dan yang terakhir, 'recharge energy'. Ini sangat penting agar sang pegawai punya cukup energi untuk meraih tujuan. "Kelima hal tersebut harus diterapkan bersamaan dan berulang," tegas Ronald.

Leave a Reply

2 thoughts on “Lelah Berlebihan? Inilah 5 Trik Kerja Produktif”

Bagaimana dengan yang ke-empat??
by Hendra, 26 Nov 2011, 11:34
Yang ke-empat??
by Hendra, 26 Nov 2011, 11:33

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)