Lenovo Perkuat Bisnis PC di Indonesia

Lenovo semakin memantapkan persaingan bisnis personal computer (PC) di pasar Indonesia. Ini dibuktikan dengan dibukanya ThinkStore di pusat belanja produk TI terbesar di Indonesia, Mal Mangga Dua. Exslusive store ini sesuai dengan konsep Lenovo terbaru di seluruh dunia yang akan menampilkan jajaran produk notebook ThinkPad dan desktop ThinkCentre. "Para pelanggan dapat mencoba dan merasakan produk sebelum memutuskan untuk membeli," Chen Shaopeng, Emerging Markets President and Corporate Senior Vice President Lenovo.

Chen mengatakan, potensi pasar Indonesia menjadi salah satu kunci pertumbuhan Lenovo di kawasan ASEAN. Lenovo meraih market share di urutan pertama untuk kawasan Asia Pasifik, dan keempat untuk tingkat global. Negara-negara emerging market seperti China, India, ASEAN sangat menarik, termasuk Indonesia yang penetrasi PC-nya masih kecil sekitar 3,7%.

Market share Lenovo untuk enterprise yang 6,7% tahun 2009, diharapkan naik menjadi 13% untuk tahun ini. Sedangkan untuk segmen Small Medium Business (SMB) diharapkan meningkat menjadi 3,9% dibandingkan tahun lalu yang mencapai 3,6%. "Indonesia salah satu dari sedikit negara di dunia yang berhasil tumbuh positif selama krisis ekonomi belum lama ini, sehingga permintaan terhadap PC masih tetap menjanjikan," katanya.

Untuk meningkatan layanan kepada customernya, Lenovo juga mengumumkan akan didirikannya gudang suku cadang di Jakarta, Maret mendatang. Saat ini terdapat 14 pusat layanan di 11 kota serta ada 8 titik penitipan dan pengambilan barang servis di Jakarta. Dengan gudang suku cadang ini, Lenovo dapat memberikan kecepatan distribusi suku cadang ke wilayah-wilayah di luar Jakarta.

Selain itu, perusahaan ini terus meningkatkan channel dan jaringan distribusinya, salah satunya dengan menambah 10 toko hingga Juni 2010, dari 50 toko yang sudah ada di Indonesia. Lenovo juga akan lebih banyak berekspansi ke luar Jakarta untuk menjangkau pelanggan di daerah. "Kami memahami pentingnya memiliki mitra-mitra lokal terbaik untuk bekerjasama," kata Howie Lau, General Manager ASEAN, Lenovo.

Lenovo juga menampilkan jajaran produk consumer terbarunya di acara Indonesia Channel Event (ICE) di Ballroom Hotel Mulia Senayan. Acara yang dihadiri lebih dari 300 distributor dan dealer lokal dari seluruh Indonesia ini menampilkan produk-produk terbaru seperti Notebook Hibrid IdeaPad U1, Smartbook Lenovo Skylight serta desktop all-in-one IdeaCenter A300. "Kami harap kehadiran produk-produk baru Lenovo yang manarik ini akan memberi rasa percaya diri yang lebih besar kepada para mitra dalam menawarkan PC Lenovo bagai pelanggan bisnis dan konsumer di Indonesia," kata Howie.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)