Listed Articles

Lonjakan Pengguna Internet Indonesia Capai 160%

 Lonjakan Pengguna Internet Indonesia Capai 160%

Sebuah penelitian mengenai kebiasaan penggunaan mobile Internet yang dilakukan sebagai bagian dari Yahoo! Net Index 2011, menunjukkan bahwa akses mobile Internet kini mengalami peningkatan di sebagian besar pasar di Asia Tenggara dan Indonesia berada di posisi teratas dengan pertumbuhan mengejutkan sebesar 160% dibandingkan kondisi pada 2009.

Pendorong pertumbuhan mobile Internet ini adalah generasi muda pria (15-24 tahun) yang memiliki akses ke perangkat dengan harga rendah yang menyediakan beragam fungsi smartphone dengan harga telepon seluler (ponsel) biasa dan berperan sebagai katalis bagi perkembangan mobile Internet.

Perangkat seluler tersebut (pada umumnya berharga di bawah US$ 200) hadir bersama paket data yang murah, fitur canggih seperti fungsi panggilan dan mengirim pesan singkat (SMS), kemudahan akses ke web mobile serta beragam fitur multimedia. Saat ini, Indonesia memiliki biaya bulanan untuk mobile Internet yang terendah (rata-rata US$ 12,5), posisi ini diikuti oleh Filipina (US$ 13,1), Malaysia (US$ 15), dan Vietnam (US$ 24).

“Dengan hanya 8% dari populasi di Indonesia yang menggunakan mobile Internet (20 juta), ada potensi besar yang belum tersentuh oleh Yahoo! untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam melalui penelitian Yahoo! Net Index 2011. Yahoo! telah menjadi yang terdepan dalam mengetahui pola kebutuhan pasar dan telah menghadirkan layanan berbasis lokasi di Indonesia serta akan terus memanfaatkan berbagai peluang pasar dan menghadirkan produk serta layanan berbasis mobile,” ujar David Jeffs, Kepala Yahoo! Insights.

Penelitian Yahoo! Net Index 2011 menunjukkan bahwa Nokia (46%) merupakan merek yang dominan digunakan untuk mengakses Internet secara mobile, diikuti oleh BlackBerry (10%), dan pemain lokal Nexian (9%). Diharapkan, dengan pengembangan infrastruktur, peningkatan jumlah pengguna mobile Internet dan promosi paket data yang lebih menarik, harga paket data akan menurun sejalan dengan meningkatnya skala ekonomi bagi operator.

Saat ini, IM3 masih menjadi penyedia layanan mobile dan smartphone yang paling populer bagi mereka yang mengakses Internet melalui perangkat mobile, posisi ini diikuti Simpati, XL, Tri dan Axis.

Temuan dari penelitian Yahoo! Net Index 2011 itu juga menyatakan bahwa di Indonesia, perangkat mobile adalah perangkat paling umum digunakan untuk mengakses jejaring sosial, kemudian diikuti dengan fungsi e-mail/IM dan pencarian. Saat ini, Yahoo! masih menjadi situs yang paling sering dikunjungi di ponsel dan properti online-nya menempati urutan pertama dalam e-mail, messenger, foto, berita, dan travel (comScore Media Metrix, APAC, Okt 2011).

Penelitian tahunan Yahoo! Net Index tersebut dilakukan bekerja sama dengan TNS, salah satu institusi penelitian pasar terdepan di dunia. Melalui pemahaman mengenai tren penggunaan Internet yang lebih mendalam serta bagaimana perkembangan ranah digital dan perilaku online masyarakat Indonesia, Yahoo! menjadi semakin mudah dalam menghadirkan pengalaman unik dan konten yang menarik bagi pengunjungnya. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan kesempatan besar bagi para pengiklan untuk bisa terhubung dengan target mereka, baik secara konteks maupun skala.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved