Makanan Sehat Akan Jadi Tren Kuliner 2019

Terkait dengan tren kuliner 2019, Go Food memprediksikan makanan dan minuman yang akan memiliki pertumbuhan yang sangat positif di tahun ini n dengan tema kesehatan dan jajanan unik.

Menurut Aristo Kristandyo, VP Marketing Go Food, prediksi tersebut berdasarkan hasil analisa big data yang dilakukan oleh tim Go Food. Hal ini juga ditunjukkan dengan meningkatnya pencarian kata kunci jenis kuliner makanan sehat seperti salad, green tea, burger sushi, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jajanan unik banyak pula bermunculan beberapa kunci populer seperti cheese tea, indonut (jajanan olahan mie berbentuk donat), sushinut (varian sushi dengan rasa unik) dan lain sebagainya. Dari data ini menunjukkan bahwa masyarakat kerap cukup mudah menerima dan mencoba jenis makanan baru.

"Kami berharap nantinya para pelaku UMKM makanan dan minuman bisa melihat peluang ini untuk digarap jadi potensi bisnisnya," jelas Aristo. Go-Food terus berusaha menjadi ocial proven personalized food expert dengan jaringan mitra partner yang lebih luas dimana terjadi peningkatan jumlah mitra UMKM lebih dari 50% sepanjang 2018.

Di penghujung tahun 2018 melalui Pesta MaMiMuMeMo Go-Food, Go-Food bahkan berhasil menghadirkan hampir 50% gelombang pelanggan baru dan salah satu mitra merchant mencatatkan peningkatan transaksi hingga 1.000%.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Commercial Expansion Gojek, mengatakan bahwa, tahun ini merupakan tahun keempat Go-Food melalui platformnya mengajak jutaan masyarakat Indonesia untuk menemukan rekomendasi kuliner ternikmat di seluruh Indonesia. Dengan hampir 300.000 mitra yang bergabung maka semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan kemudahan dalam berwisata kuliner online yang mana ini juga akan berbanding lurus dengan peningkatan volume transaksi, sehingga skala bisnis usaha UMKM kuliner Indonesia pun ikut terus berkembang.

Driver Gojek telah mengirimkan 4,5 juta gelas kopi, 120 juta potong ayam goreng, dan 7,5 juta bungkus martabak di Indonesia sejak 2017. Mitra UMKM merchant Go-Food mengalami kenaikan omset penjualan sebesar 345% (data internal Gojek 2018).

Ke depan, Catherine berharap, pihaknya akan dapat terus mendorong perkembangan industri kuliner sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada perekonomian Indonesia secara umum. "Semoga akan semakin banyak mitra merchant kami yang terus mengalami peningkatan dari sisi bisnis dan operasional. Tentunya, ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan seluruh Indonesia," jelasnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)