Manulife Bukukan Total Premi Bisnis Baru Rp 3,7 Triliun

Kado terindah bagi perayaan HUT PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) ke- 25 tahun adalah pencapaian kinerja yang ciamik dan memecahkan rekor dalam sejarah keberadaan perusahaan asuransi asal Kanada itu. “Rekor pertumbuhan agen, serta kerja sama kami dengan bank yang makin kuat merupakan pendorong utama bagi pertumbuhan bisnis baru yang kami jalani di 2010,” jelas Premraj Thuraisingam, Executive Vice President dan Chief Agency Officer Manulife Indonesia.

Pengembangan kapasitas distribusi Manulife yang kuat telah mendorong untuk mindahkan sejumlah kantor pemasaran ke kantor yang berukuran lebih luas, seperti di Pontianak dan Medan, serta mendirikan beberapa kantor pemasaran baru, di Jakarta dan Lhokseumawe.

Kinerja keuangan Manulife juga jempolan. Lihat saja total premi bisnis baru mencapai Rp 3,7 triliun, naik sebesar 250% dari Rp 1,0 triliun pada 2009. Untuk total premi bisnis Baru (berdasarkan Annual Premium Equivalent) tumbuh sebesar 22% dari Rp 483 miliar pada akhir 2009 menjadi Rp 588 miliar pada periode yang sama di 2010. Sedangkan, total premi meningkat 145% dari Rp 2,4triliun pada akhir 2009 menjadi Rp 5,9 trilun pada akhir 2010.

Total dana kelolaan yang terkait dengan bisnis asuransi jiwa meningkat sebanyak 60%m dari Rp 10,3 triliun selama kurun waktu 2009 menjadi Rp 16,5 triliun pada akhir 2010. Rasio Risk Based Capital pada 2010 adalah 245,51%, jauh melebihi rasio minimum yang ditetapkan pemerintah untuk perusahaan asuransi jiwa yakni 120%. Sementara itu, jumlah agen meningkat sebesar 42% dari 4.717 agen pada akhir 2009 menjadi 6.683 agen pada 31 Desember 2011. Untuk jumlah kontrak polis asuransi aktif mencapai sekitar 1,5 juta pada akhir tahun 2010.

Selain itu, Manulife Indonesia baru-baru ini menggelar kampanye branding untuk meningkatkan kesadaran dan mengokohkan kehadirannya di Indonesia sebagai penyedia layanan keuangan yang paling profesional, dengan menyediakan solusi yang tepat, andal, terpercaya, bagi keputusan penting perencanaan keuangan nasabah. “Kampanye ini dimulai di Jakarta dengan iklan yang menggunakan kubus hijau yang menjadi trade mark kami, yang yang membawa setiap atribut brand kami yakni strong, reliable, trustworthy, dan forward-thinking,” tambah Alan Merten, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia.

Selain iklan outdoor di papan reklame dan Manulife juga melakukan mall advertising, pertama di Pacific Place Mall di Sudirman Central Business District, Jakarta. Kegiatan branding di Pacific Place dilengkapi dengan kegiatan pemasaran termasuk rangkaian kegiatan pada hari Sabtu dari Februari hingga April yang menyajikan seminar mengenai perencanaan keuangan.

Dijelaskannya, sebagai penyedia wealth management dan asuransi yang berorientasi ke depan, Manulife Indonesia juga telah meluncurkan produk simpanan yang inovatif dan pertama di pasar yakni Golden Protector, serta asuransi tambahan unik yaitu Hospital Benefits Plus.

Golden Protector dirancang untuk membantu para nasabah menyiapkan masa depannya, terutama untuk masa purna karya. Produk ini merupakan produk yang dijamin terbit, yang berarti nasabah dapat membeli produk ini untuk meningkatkan kekayaan/investasi mereka terlepas dari keadaan kesehatan mereka (tanpa tes kesehatan), dan nasabah akan menikmati pembayaran tahunan hingga usia 69 tahun, termasuk survival bonus untuk menunjang tahun-tahun masa pensiun mereka.

Hospital Benefits Plus merupakan asuransi tambahan pada asuransi dasar yang memberikan penggantian biaya rawat inap di Rumah Sakit yang dikarenakan kecelakaan atau sakit. Asuransi tambahan yang unik ini dipasarkan melalui saluran distribusi Manulife Indonesia yang baru yaitu direct marketing dan telemarketing.

Manulife mempunyai sejarah yang panjang dan membanggakan di Asia, dan dengan hampir sepertiga penjualan global berasal dari Asia, ditambah dengan potensi pertumbuhan yang positif di kawasan ini, Asia jelas merupakan kunci prioritas pertumbuhan bagi perusahaan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)