Menjawab Tantangan Disrupsi Digital di Ranah Periklanan

Disruptive innovations are like missiles launched at your business,” ungkap Clayton M. Christensen dalam jurnalnya Surviving Disruption. Ya, perubahan seringkali layaknya misil yang siap merontokkan bisnis apapun jika sang pelaku tidak siap menghadapinya. Teknologi digital merupakan disrupsi besar yang ada dalam satu dekade terakhir. Tak hanya di Indonesia, namun juga seluruh dunia.

Zona Wifi - PopUp Ads Zona Wifi - PopUp Ads

Di industri media, internet lahir sebagai buah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini tak hanya disruptif bagi media konvensional seperti televisi, radio, majalah dan surat kabar, melainkan juga bagi brand dan advertiser yang selama ini memanfaatkan media-media tersebut untuk beriklan atau mempromosikan bisnis mereka.

Gelombang teknologi digital menuntut kelincahan para pemain bisnis agar dapat berselancar di atasnya, mengingat tingkah laku konsumen pun berubah mengikuti tren digital ini. Menurut We Are Social, dari total 255 juta penduduk Indonesia, tercatat jumlah pengguna internet aktif sebesar 72.700.000 pada tahun 2015. Angka ini menunjukkan bahwa potensi pasar digital di Indonesia semakin lama semakin besar mengikuti peningkatan infrastruktur telekomunikasi.

Menurut sosmedtoday.com, saat ini telah banyak perusahaan yang menyadari bahwa beriklan melalui sarana digital merupakan langkah yang efektif. Dibanding beriklan secara konvensional, adanya kemudahan melakukan campaign yang lebih tertarget dan terukur menjadikan para pebisnis lebih memilih digital campaign.

Belanja iklan digital pun dari tahun ke tahun semakin berkembang. Di tahun 2015 saja, eMarketer memperkirakan belanja bisnis digital bisa mencapai angka $12,94 miliar (sekitar Rp 163 triliun). Nilai tersebut naik 16% dari belanja iklan di tahun 2014.

Beriklan melalui digital dapat dilakukan melalui banyak media, seperti memasang banner ad pada website-website populer, promosi pada media sosial seperti Facebook atau Twitter, beriklan melalui video di YouTube ataupun mengoptimalkan search engine guna meraih traffic. Demi menyasar segmen yang tepat, para pengiklan tak segan mencari kanal media baru yang benar-benar ‘mengenali’ para pelanggan potensial.

Hal ini menjadi pintu masuk bagi kehadiran sebuah kanal iklan terobosan baru yang digagas oleh Zona WiFi, penyedia platform pemasaran digital di Indonesia. Zona WiFi menghadirkan sebuah kanal iklan baru yang menjadi salah satu fitur utamanya yaitu Pop Up Ads. Dengan memanfaatkan akses wifi yang telah tersedia, pebisnis akan mudah dan leluasa mempromosikan produknya kepada target pelanggan secara tepat sasaran dan terukur.

Setiap tempat usaha yang memasang teknologi Zona WiFi, selain mendapatkan sarana Digital Marketing yang lengkap meliputi Email Marketing dan SMS Marketing, juga dapat menikmati fitur Pop up Ads ini untuk melakukan promosi yang sedang berjalan di lokasi tersebut. Fitur yang potensial ini akan masuk ke dalam alur ‘log on’ sehingga setiap pelanggan yang mengakses wifi di tempat itu akan langsung melihat promosi yang ditawarkan. Fitur ini dirancang dengan self-configured tool, sehingga pebisnis memiliki kebebasan dalam mengatur materi, waktu promosi, serta target pelanggan.

Zona Wifi - PopUp Ads Zona Wifi - PopUp Ads

Melalui kemudahan cara mengakses wifi yang tak memerlukan password, melainkan hanya login melalui media sosial, para pemilik tempat usaha akan mengetahui profil para pelanggannya. Informasi berharga ini dapat digunakan untuk mengkomunikasikan promosi yang tepat melalui iklan yang dapat ditayangkan melalui fitur Pop Up Ads yang disediakan Zona WiFi.

Pelanggan pun turut mendapat keuntungan karena mereka dapat lebih mudah mengetahui promosi terbaru dan bisa memperoleh promosi-promosi yang diberikan oleh pengiklan, tentunya dengan akses internet gratis dan lancar.

Harga yang ditawarkan Pop Up Ads cenderung lebih terjangkau dan kompetitif dibandingkan dengan kanal media iklan lainnya. Benefit yang diperoleh pengiklan juga jelas karena mereka dapat menyasar target yang lebih luas, terarah, dan sesuai dengan pangsa pasar mereka. Dan yang tak kalah penting, hasil dari pemasangan iklan pun bisa termonitor dengan jelas yang dapat diakses dengan mudah melalui dashboard Zona WiFi.

Ada lebih dari 250 venue ternama yang akan digunakan sebagai sarana melakukan promosi melalui Pop Up Ads. Silakan menghubungi Zona WiFi di 021-29406349 atau melalui email ke info@zonawifi.co.id. Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi www.zonawifi.co.id.

 


Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)