Mercedes-Benz Capai Rekor Penjualan di 2018

Peluncuran The New Mercedes-Benz E 350 EQ Boost di She's Mercedes Cafe, CIBIS Business Park, Jakarta, (25/1). (foto; Jeihan Kahfi/SWA)

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) berhasil mencatatkan rekor penjualan sepanjang tahun 2018 sebanyak 3.859 mobil yang terdiri dari 3.792 mobil penumpang baru dan 67 Sprinter vans di Indonesia. Angka penjualan tersebut tumbuh 12% yang melampaui penjualan otomotif rata-rata industri menjadikan Mercedes-Benz sebagai market leader di segmen premium dengan pangsa pasar 50%

.Kinerja tersebut terutama didorong oleh kesuksesan pemasaran Mercedes-Benz C-Class dengan kontribusi 25% dari total penjualan dan E-Class sebesar 22%. Sementara, SUV menyumbang 35% dari total penjualan dan S-Class mampu menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan pada tahun 2018 sebesar 116% atau berkontribusi 8% terhadap total sales.

Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan, Mercedes-Benz berhasil membukukan penjualan terbaik selama 12 bulan berturut-turut di antara merek-merek premium di 2018. “Kami akan terus meremajakan portofolio produk kami pada tahun 2019,” ujar Lamberts saat konferensi pers perdana tahun 2019 di CIBIS Nine Building, Jakarta, (25/1/2019).

Pencapaian lainnya adalah keluaran produksi rakitan lokal kendaraan Mercedes-Benz meningkat 25% dibandingkan tahun sebelumnya dari pabrik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Di tahun 2018, komposisi penjualan Mercedes-Benz di Indonesia 77% adalah kendaraan rakitan lokal dan 23% adalah CBU.

Saat ini, sedan C-Class, E-Class dan S-Class terbaru serta GLC, GLE dan GLS SUV dirakit di pabrik tersebut dengan luas 42 ha. “Ini menunjukkan komitmen Mercedes-Benz untuk terus memperkuat kontribusi produksi rakitan lokal dalam penjualan di Indonesia,” kata Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Sementara itu, Mercedes juga mengembangkan penjualan mobil bekas bersertifikat dengan berhasil menjual 133 unit pre-owned Mercedes-Benz Certified sebelumnya dikenal sebagai Proven Exclusivity.

Pada 2019, Mercedes-Benz berencana meluncurkan lebih dari 10 model baru di berbagai segmen mulai dari sedan, SUV, mini van dan New Generation Compact Car (NGCC). “Kami yakin variasi portfolio produk yang lengkap menjadi salah satu faktor keberhasilan kami di tahun 2018 lalu sehingga di 2019 hal tersebut juga menjadi pertimbangan kunci bagi kami untuk tetap mempertahankan posisi kami,” ungkap Kariyanto.

Salah satunya adalah The New E 350 EQ Boost yang resmi diluncurkan hari ini. Mesin E 350 EQ Boost mampu menghasilkan 220 kW/299 hp dari kapasitas 1991 cc dan mencapai konsumsi bahan bakar (gabungan) hingga 6,9-6,7l/ 100 km (emisi gabungan CO2: 156-153 g/km). Inovasi teknologi terbaru seperti EQ-Boost starter-Generator, sistem kelistrikan 48Volt on-board dan filter partikulat untuk mesin bensin berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi mesin.

E 350 EQ Boost menawarkan beberapa fitur perlengkapan standar baru: jok kulit Nappa, Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist. Harga yang ditawarkan untuk the new Boost E 350 EQ adalah Rp 1,49 miliar off-the-road.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)