Meski 'Anak Tiri', Pangsa Pasar PC HP Tetap Meroket

Hewlett-Packard Co sempat menyebutkan akan spin off bisnis personal computer (PC) karena perusahaan ingin fokus ke bisnis enterprise. Namun ternyata, keputusan untuk 'melenyapkan' divisi tersebut tidak berpengaruh pada konsumen mengingat pangsa pasar PC secara global terus meningkat.

Perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California itu mengalami peningkatan pangsa pasar di Amerika Serikat sebesar 28,9%, berbanding dengan 25,4% di awal tahun ini, ungkap lembaga penelitian Gartner Inc. Dalam lingkup global, pangsa pasar Hewlett-Packard pun naik dari 17,3% menjadi 17,7%. Perusahaan penelitian pasar IDC juga melaporkan peningkatan yang sama yaitu penjualan secara global naik 3,6%, berbanding dengan pertumbuhan 4,5% yang diproyeksikan sebelumnya.

Gartner juga melaporkan pengapalan PC naik 3,2%, berbanding dengan 5,1% pertumbuhan yang diproyeksikan sebelumnya. Namun, pengapalan PC periode ini sebesar 91,8 juta unit, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu sebesar 89 juta unit. Memang, tampaknya popularitas PC tidak sebaik yang diharapkan. “Penjualan PC mengecewakan di pasar yang sudah matang. Ini juga menunjukkan bahwa pasar consumer PC semakin lemah,” kata Mikako Kitagawa, analis Gartner. “Popularitas perangkat non-PC, termasuk komputer tablet dan smartphone menarik perhatian konsumen.”

Lenovo Group Ltd berada di posisi kedua dalam pengapalan produk secara global, di belakang HP. Lenovo meraup 13,5% pangsa pasar. Selain itu, Dell berada di posisi ketiga dengan nilai 11,6%. Di Amerika Serikat, Dell berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 21,9%. Apple yang berbasis di Cupertino, California berada di peringkat ketiga dengan pangsa 12,9%. Ini mengalami kenaikan dari 10,8% di periode yang sama tahun lalu, ujar Gartner yang menyoroti agresivitas penjualan produk Apple.

Hewlett-Packard mengumumkan rencana spin off bisnis PC mereka pada 18 Agustus lalu di bawah kepemimpinan CEO sebelumnya,Leo Apotheker. Namun, perusahaan yang kini dipimpin oleh Meg Whitman itu kini tengah mengevaluasi ide 'menyingkirkan' divisi PC mereka. “Meskipun muncul kemungkinan untuk melepas bisnis PC, para eksekutif HP tampaknya tetap berupaya menampilkan laju bisnis mereka seperti biasanya di kuartal ini,” tulis laporan Gartner yang berbasis di Stamford.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)