Microsoft Luncurkan Office 2010

Microsoft Office 2010 secara resmi diluncurkan hari ini (15/5) secara serentak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebelumnya, Office 2010 ini diluncurkan versi Beta yang secara gratis diunduh lewat Internet. "Respon terhadap Microsoft Office 2010 versi beta sangat positif. Sudah ada 10 juta orang yang mengunduh dan sepertiganya menyatakan ingin menggunakan Office 2010," kata Bonnie Mamanua, Microsoft Office Product Business Group Head PT Microsof Indonesia.

Hal ini juga terjadi di Indonesia, dari Januari-Mei 2010, sudah ada 50 ribu pengguna yang men-download Office 2010 versi Beta ini. Berdasarkan data dari IDC, penetrasi komputer baru yang masuk ke Indonesia dari tahun ke tahunya makin meningkat, terutama untuk pasar konsumer. Secara keseluruhan angkanya mencapai 2,56 juta unit pada tahun 2009, dan diprediksi naik menjadi 4,17 juta unit komputer tahun 2010 ini.

Bonnie mengatakan, market share pengguna Microsoft Office di pasar Indonesia selama ini mencapai 80%. Angka teresebut termasuk user yang menggunakan secara bajakan atau tidak berlisensi. "Market share ada lebih dari 80%, tetapi termasuk bajakan. Kami tidak tahu mana yang genuine mana yang tidak punya lisensi," ujarnya.

Berbeda dari versi sebelumnya, kali ini Office 2010 menawarkan 3 paket, Home and Student, Home and Business dan Office Professional. Home and Office merupakan paket baru yang ditawarkan untuk menggaet market Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sebelumnya, namanya Small Business yang ditawarkan dengan harga  US$ 400 untuk 5-25 komputer. Setelah diamati ternyata tidak semua aplikasi dipakai, maka dikurangi dengan harga yang diturunkan juga menjadi sekitar US$ 250. Untuk Office Professional dibandrol dengan harga US$ Rp 400, sedangkan untuk Home and Student bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 800 ribu di pasaran.

Jenisnya peket yang ditawarkan juga ada dua, pertama Full Packet Product (FPP) dengan menggunakan CD. Tetapi jika ada netbook yang tidak memiliki DVD drive, bisa mendapatkannya dalam bentuk Product Key Card (PKC) yang tidak menggunakan CD untuk menginstalnya, cukup memasukan nomor produk.

Office 2010 ini menyajikan fitur-fitur yang lebih sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk dapat bekerja lebih produktif. Dengan kemampuan virtual, pelanggan bisa menggunakan dari PC, ponsel bahkan lewat browser. "Dengan terhubung Microsoft Office Web Apps membuat user dapat menggunakan aplikasi ini dimana pun," kata Bonnie.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)