Mooryati Soedibyo Serahkan Tongkat Estafet ke Generasi Kedua

Ketika bergabung pertama kali di PT Mustika Ratu tahun 1986, Putri Kuswisnuwardhani, MBA mengaku belum yakin apakah dia akan bertahan lama di perusahaan keluarga tersebut. Namun, setelah 25 tahun bergumul, kecintaan Putri pada perusahaan kosmetika yang dirintis oleh orangtuanya itu main lekat. Sampai akhirnya, mulai hari ini (12/1) tongkat estafet diserahkan oleh Dr BRA Mooryati Soedibyo kepada Putri sebagai generasi kedua. Dengan demikian suksesi resmi dilakukan dan Putri sah menjabat posisi Presdir Mustika Ratu.

Acara serah terima jabatan CEO Mustika Ratu dilakukan di kediaman Mooryati Soedibyo dengan tema acara "Suksesi Kepemimpinan Puncak Presiden Direktur (CEO) Perusahaan Keluarga PT Mustika Ratu Tbk." di Aula Sasono Wiwoho, Jalan KH Mangunsarkoro Menteng, Jakarta Pusat.

"Pada waktunya saya harus melewati suksesi atau peralihan kepemimpinan puncak sebagai presiden direktur kepada putri saya, Putri Kuswisnuwardhani. Suksesi ini harus menjadi awal perjalanan panjang untuk masa depan,” jelas Mooryati (83 tahun) dalam kata sambutannya di hadapan ratusan undangan yang hadir siang itu.

Menurut Mooryati, sebagai founder, dia hanya berifat pembuka dan perintis. Mengutip ungkapan bijak tokoh Ki Hajar Dewantoro, 'Ing ngarso sung tulodo', 'Ing madyo mbangun karso', dan 'Tut wuri handayani', maka ungkapan itulah yang menggambarkan peran yang dia mainkan saat ini.

Yang jelas, dipilihnya Putri untuk memimpin Mustika Ratu tidak asal tunjuk. Putri dianggap sudah mampu melewati tiga tahap ujian: konteks, proses, dan konten untuk menuju kepemimpinan puncak. Dari sudut konteks, Mooryati memilih penerus yang mampu dan mau untuk dapat beradaptasi meneruskan pengalaman dan pengetahuan, serta filosofi dan cita-cita, tujuan pendahulu Mustika Ratu.

Dari sisi proses, Putri memulai karier dari bawah sebagai anak buah, yaitu manajer promosi selama dua tahun. Lalu melanjutkan pendidikan untuk pasca sarjana di bidang marketing dan keuangan. Kembali lagi bekerja untuk ditempatkan di bawah manajer keuangan, dan secara bertahap diangkat menjadi posisi manager keuangan dan seterusnya.

Untuk penilaian ketiga, konten, Putri telah membuktikan kemampuannya dalam mengelola perusahaan kecantikan itu. Mustika Ratu bertahan hingga sekarang lantaran memegang filosofi bisnis, kultur, dan sosial.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)