NSN Luncurkan Head Radio Jarak Jauh '6 Pipa'

Nokia Siemens Networks (NSN) memperkenalkan head radio jarak jauh ‘6 pipa’berbasis Liquid Radio yang menggunakan pendekatan pipa yang unik dari perusahaan ini untuk menawarkan fleksibilitas dalam penyediaan TD-LTE. Yang menarik, teknologi ini memungkinkan operator mengurangi biaya situs hingga sepertiganya.

 

Head radio Jarak jauh kami yang memiliki kapasitas tinggi 6 pipa merupakan penambahan yang luar biasa dalam portofolio TD-LTE RAN (Radio Access Network) kami dan mampu membawa pengalaman TD-LTE ke satu tingkatan baru,” kata Tommi Uitto, head of the LTE radio access business line, Nokia Siemens Networks.

 

Selain dapat memberikan pendekatan yang lebih fleksibel terhadap LTE, produk baru ini juga menghasilkan throughput yang jauh lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dibandingkan penawaran-penawaran lain, sehingga menghasilkan kecepatan data yang lebih tinggi. Dengan demikian, para pelanggan dapat menikmati mobile broadband yang kualitasnya sama di mana saja dan kapan saja, tanpa memandang jenis aplikasi yang mereka gunakan,” kata Tommi lagi.

 

Karena dapat mencakup 3 sektor dengan satu head radio, operator dapat mengurangi biaya situs hingga sepertiganya. Ini merupakan head radio jarak jauh pertama yang dapat mendukung situs TD-LTE enam sektor untuk menghasilkan kapasitas 80% lebih besar dan cakupan 40% lebih besar jika dibandingkan dengan situs 3-sektor tradisional. Hal ini memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan mengurangi biaya total kepemilikan hingga 40%.

 

Konsep pipa (pipe) Nokia Siemens menawarkan alternatif yang lebih hemat biaya dan teruji untuk penggunaan di masa depan dibandingkan dengan pendekatan berbasis ‘jalur (path)’ yang banyak digunakan saat ini. Pendekatan ini memungkinkan alokasi sektor, carrier dan kanal pengiriman dan penerimaan oleh base station secara fleksibel. Pendekatan ini dapat melakukan beberapa konfigurasi, mulai dari konfigurasi situs 3-sektor dengan biaya rendah yang sederhana hingga konfigurasi situs 6-sektor berkapasitas tinggi, jika diperlukan. Lebih jauh, upgrade software yang sederhana menawarkan jalur evolusi yang mulus ke LTE-Advanced.

 

Head radio jarak jauh 6 pipa dari Nokia Siemens Networks berbasis arsitektur Liquid Radio dari Nokia Siemens Networks, yang dapat melakukan adaptasi cakupan dan kapasitas dengan sendirinya berdasarkan kebutuhan pelanggan. Fitur pembentukan berkas gelombang (beamforming) 6-pipa yang unik dari konsep ini mengurangi hilangnya sinyal akibat interferensi. Hal tersebut membantu menghasilkan kecepatan data hingga 50% lebih besar dan cakupan yang lebih baik dibandingkan dengan head radio 4 jalur, bagi para pelanggan di wilayah-wilayah padat, baik di dalam maupun di luar ruangan. Fitur ini juga mengurangi perlunya situs tambahan, dan mengurangi CAPEX, OPEX dan biaya situs.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)