Obligasi Titan Petrokimia Nusantara Raih Rating A+

Fitch Ratings Indonesia mengumumkan rating final A+ untuk PT Titan Petrokimia Nusantara (TPN) dengan nilai obligasi sebesar Rp 73 miliar dan sukuk Rp 200 miliar, yang jatuh tempo pada Juni 2015 nanti. Pemberian rating final ini mengikuti penyelesaian dari penerbitan obligasi dan penerimaan dari penyesuaian dokumen yang sebelumnya telah diterima.

Rating final yang diberikan sama dengan ekspektasi rating yang diberikan pada 26 Maret lalu. Meskipun nilai penerbitan lebih rendah dari target awal yang sebesar Rp 500 miliar, Fitch menerangkan bahwa struktur modal, likuiditas, serta profil kredit TPN tidak berubah secara material. TPN pun dapat terus mengambil keuntungan dari induk usahanya, Titan Chemicals Corp Bhd, yang menyediakan sekitar 30% kebutuhan ethylene dari hasil produksinya.

Fitch mencatat, pada kuartal pertama tahun ini, kinerja TPN melemah. Hal tersebut ditunjukkan dengan menurunnya volume produksi polyethylene menjadi 48.309 ton dari rata-rata per kuartal tahun lalu yang mencapai 73.334 ton. Margin spread yang diperoleh pun menurun menjadi sebesar US$ 93-138 per ton dari yang tadinya mencapai US$ 337-345 per ton pada 2009.

Meskipun demikian, TPN telah melihat adanya kenaikan harga pada ethylene dan polyethylene serta meningkatnya persediaan ethylene pada kuartal II 2010. Dengan demikian, Fitch berharap perusahaan dapat mencatat peningkatan volume produksi dan margin spread pada kuartal ini dibandingkan dengan kuartal pertama. Meskipun demikian, Fitch memperkirakan bahwa margin spread ethylene dan polyethylene secara keseluruhan sepanjang 2010-2011 akan mendapat tekanan dari perubahan permintaan secara global dan hubungan ketersediaan bahan baku dari kapasitas produksi yang murah di kawasan Timur Tengah.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)