Listed Articles

Pandu Siwi Sentosa Unggulkan Jasa Kurir

Oleh Admin
Pandu Siwi Sentosa Unggulkan Jasa Kurir

Berawal dari jasa kurir untuk small parcel dan dokumen, Pandu Logistik yang berada di bawah bendera PT Pandu Siwi Sentosa terus mengembangkan diri dengan berekspansi ke warehouse. Meskipun begitu, porsi kurir melalui jalur udara masih menjadi unggulan dengan kontribusi 60%.

Pandu Logistik memasuki area domestik melalui Air Freight, Sea Freight, Inland Transportations, Courier Service, Same Day Service dan Overnight Service. Sementara untuk Internasional, fitur layanan adalah Air Freight, Sea Freight dan Courier Service. Perusahaan juga menyediakan jasa Custom Clearance, Packing, Warehousing and Distributions dan Relocations. Saat ini, Pandu Logistik memiliki 90% pelanggan dari korporasi. Harga pun bergantung pada negosiasi. “Soal harga agak sensitif karena setiap korporasi memiliki perbedaan tingkat harga terkait jarak dan kuantitas barang. Meskipun begitu, profit kami yang mencapai miliaran berasal dari pelanggan korporasi,” ujar Jimmi Krismiardhi, Service and Operating Vice President PT Pandu Siwi Sentosa.

Pandu Logistik memang membagi segmen pasar berdasarkan lingkup industri, sebut saja heavy equipment, mining oriented industry, industri farmasi, telekomunikasi hingga perbankan. Dari sekian banyak segmen pasar, kontribusi terbesar datang dari heavy equipment, mining oirented industry dan telekomunikasi dengan total lebih dari 60%. Pandu logistik bukan hanya melayani perusahaan besar tetapi juga perusahaan kecil.

Pertumbuhan bisnis Pandu Logistik sendiri, dikatakan Jimmi, mengalami kenaikan 25% dari sisi regular customer pada semester pertama 2011 dibandingkan periode yang sama pada 2010. Dirinya mengatakan bahwa sekarang sedang mendapatkan proyek setahun dengan pemerintah sehingga jadi kenaikannya mencapai 72% hingga akhir 2011. “Ini menjadi kebanggan kami sendiri karena kami sudah dipercaya pemerintah seperti pengiriman logistik KPU pada tahun 2004 dan tahun 2009,” katanya. Omset Pandu Logistik sendiri setiap tahunnya berkisar Rp 300- 500 miliar per tahun.

Industri logistik sendiri menurut Jimmi tumbuh sekitar 15-20%. Jimmi mengatakan boleh jadi Pandu berada di atas rata-rata poertumbuhan industri. Saingan mereka adalah PT Pos yang mempunyai jaringan cukup luas juga di Indonesia. Kompetitor lainnya adalah Fedex. Pandu sendiri terdaftar di Kominfo dan mendapatkan ijin Surat Ijin Penyelenggara Jasa Titipan.

Kekuatan Pandu Logistik adalah networking yang luas. Hal ni dikarenakan perusahaan sudah cukup lama bermain di bisnis ini sehingga sangat mengenal sifat logistik di Indoensia sendiri. Pandu Logistik juga sedang mengembangkan sistem traceability. Sistem tersebut dapat memprediksi waktu untuk pengiriman dan pelanggan dapat memeriksa langsung barangnya sampai mana dan dalam kondisi seperti apa. Sekarang, pegawai perusahaan mencapai 2.000 orang dan tersebar di 158 cabang di seluruh Indonesia.

Selain membangun kantor dengan nama sendiri, Pandu Logistik juga bekerja sama dengan perusahaan logistik lokal untuk menambah penetrasi pasar. “Kita akan bangun warehouse besar di 5 kota besar Indonesia seperti Medan, Surabaya dan Balikpapan, Jakarta, dan Makassar. Luasnya akan sekitar 20.000 meter persegi dengan sistem yang cukup advance. Ini akan direalisasikan 2-3 tahun ke depan,” ujar Jimmi lagi. (Acha)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved