Pawai Senilai Rp 152,5 Miliar Untuk Sang Ratu

Ratusan ribu orang berada di pinggir Sungai Thames, London untuk melihat Ratu Elizabeth II berpawai diiringi lebih dari 1.000 perahu. Perahu yang ditumpangi Ratu dihiasi 10.000 bunga. Pawai yang menandai peringatan 60 tahun sang Ratu, dikabarkan menelan biaya £10,5 juta atau sekitar Rp 152,5 miliar.

Wajar saja menelan biaya hingga £10,5 juta, sebab pawai ini merupakan iring-iringan resmi kerajaan yang paling besar selama 350 tahun terakhir. Elizabeth II menjadi ratu pertama kerajaan Inggris yang merayakan 60 tahun bertahta sejak Ratu Victoria pada abad ke-19. Di Inggris, perayaan 60 tahun memegang tahta lebih dikenal dengan Diamond Jubilee. Jumlah 1.000 perahu dalam perayaan ini melambangkan sejarah pelayaran Inggris yang telah berusia 1000 tahun.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron menyebut Ratu Elizabeth sebagai tokoh yang luar biasa. "Kedalaman pemikiran dan ketajamannya luar biasa. Saya tidak melihat dedikasi Ratu dalam menjalan tugasnya berkurang," kata PM Cameron kepada BBC.

Perayaan 60 tahun tahta Ratu Elizabeth, yang tahun ini berusia 86 tahun, sempat diwarnai unjuk rasa dari kelompok Republik. Mereka menggelar unjuk rasa menentang apa yang mereka sebut kerajaan yang tidak dipilih rakyat.

Meski ada rakyat yang menunjukkan ketidaksukaannya terehadap ratu, sebagian rakyat lainnya justru ikut bersuka cita merayakan 60 tahun tahta ratu. Sebanyak 9.500 permohonan untuk menggelar pesta jalanan telah diajukan dari hampir seluruh kawasan di Inggris dan Wales. Sebagian lainnya telah berencana menggelar pesta kecil di kebun atau sejumlah taman kota.

Di salah satu kawasan pusat kota London, Piccadilly, jalanan ditutup untuk pertama kalinya dalam sejarah guna menyiapkan sekitar 500 meja untuk pesta perayaan ini.

Organisasi penyelenggaraan pesta yang dibentuk masyarakat, the Big Jubilee Lunch juga mengharapkan jutaan orang akan berbagi makanan bersama dengan tetangga atau kawan dekat mereka lewat acara piknik dan pesta di berbagai tempat.

Sementara pesta jalanan terbesar akan berlangsung di Hertfordshire. Dan warga di kawasan ini telah meminta pemerintah kota setempat untuk menutup 451 ruas jalan agar bisa menggelar pesta menyambut 60 tahun tahta ratu.

Layar lebar dipasang khusus untuk memperingati perayaan ini rencananya akan menampilkan liputan suasana di 22 lokasi seperti Belfast, Cardiff, Edinburgh, Birmingham, Bristol , Leeds, Liverpool, Manchester, dan Middlesbrough. (BBC/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)