Listed Articles

Pegadaian Gandeng Tokopedia Luncurkan Fitur Jual Beli Emas Online

Pegadaian Gandeng Tokopedia Luncurkan Fitur Jual Beli Emas Online
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Utama PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo dan Co-founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison.

PT Pegadaian (Persero) menggandeng Tokopedia dalam menyajikan fitur jual-beli emas secara online untuk mempermudah masyarakat berinvestasi emas dalam bentuk tabungan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Utama Pegadaian (Persero), Harianto Widodo, mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk memperluas akses masyarakat khususnya kalangan milenial dalam mendapatkan produk dan layanan Pegadaian secara online.

“Kolaborasi ini sangat mendukung program inklusi keuangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia, dimana keberadaan financial technology bukan menimbulkan disrupsi, melainkan menciptakan peluang kolaborasi antara Pegadaian dan Tokopedia untuk mendukung pertumbuhan industri keuangan dan pembangunan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap kerja sama ini akan memperluas segmen pasar Pegadaian. Saat ini, BUMN gadai tersebut sudah memiliki outlet offline di seluruh Indonesia, sedangkan Tokopedia merupakan platform digital dan bisa menjaring segmen milenial.

“Saat ini perusahaan harus siap mengahadapi bonus demografi, di mana milenial akan menjadi penduduk mayoritas di Indonesia. Kolaborasi ini penting dan bisa saling memberikan manfaat pada kinerja bisnis kedua belah pihak,” kata dia menjelaskan. Ke depan, Harianto mengatakan tidak menutup kemungkinan jika pihaknya juga akan bekerja sama dengan startup fintech lain.

Transaksi jual-beli emas melalui aplikasi Tokopedia dapat dilakukan dengan nilai minimal Rp 500 sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi emas dengan mudah. Selain itu, ada beberapa level membership untuk para pengguna sesuai dengan transaksi emas yang dilakukan, yaitu Gold Club, Gold Prime dan Gold Prestige. Semakin tinggi level membership yang dimiliki, semakin banyak fitur layanan yang bisa didapatkan.

Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, menyatakan, inklusi keuangan menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan mengingat Indonesia sedang bergerak dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif demi meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan ekonomi.

“Kami berharap fitur Tokopedia Emas ini akan semakin mempermudah masyarakat berinvestasi emas dan mendorong masyarakat memiliki literasi dan manajemen keuangan yang baik,” kata Leontinus.

Menurutnya, sejak diluncurkan awal Januari 2019 lalu, antusiasme masyarakat terhadap fitur ini tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan naiknya penggunaan tabungan emas sebanyak 3 kali lipat sejak dilempar ke pasar.

Untuk inovasi pengembangan yang akan dilakukan ke depan, Leontinus mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jika nanti konsumen akan dapat mencetak sertifikat emas mereka sendiri, dan dapat mengambil emas fisik di kantor-kantor pegadaian terdekat.

“Pada prinsipnya, kami akan banyak pengembangan fitur ke depan,” kata dia. Untuk target konsumen, Harianto membidik konsumen sebanyak-banyaknya dan memberikan akses seluasnya khususnya generasi millenial.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved