Pemerintah Semarang Gandeng Go-Pay Layani Transaksi PBB Non-Tunai

Go-Pay bekerja sama dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang memperkenalkan sistem pembayaran non-tunai untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Sebelumnya, Go-Pay melakan kerja ama strategis dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang untuk pembayaran Trans Semarang. Arno Tse, Head of Sales Go-Pay mengatakan pihaknya ingin mempermudah akses layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan formal.

“Pembayaran non tunai terutama yang terkait aktivitas sehari-hari merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan,” ujarnya. Sejak Go-Pay diperkenalkan, transaksi non-tunai di Trans Semarang naik sangat signifikan. Kolaborasi ini, menurutnya, dapat melengkapi layanan Pemerintah Kota Semarang sebagai smart city.

“Jika masyarakat terbiasa memanfaatkan pembayaran non tunai yang transparan dan mudah, maka Pemkot Semarang dapat dengan mudah memperkenalkan inovasi digital lain yang dapat meningkatkan pelayanan publik,” kata Arno.

Kolaborasi ini merupakan yang pertama bagi perusahaan pada pembayaran non tunai untuk pembayaran pajak daerah. Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kemudahan masyarakat dalam melakukan berbagai urusan terkait Pemerintah Kota Semarang salah satunya bekerja sama dengan Go-Pay.

"Saya menyambut baik sinergi antara Go-Pay dengan Bapenda untuk mengupayakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang, apalagi bila melihat tren kerjasama Pemerintah Kota Semarang dengan Go-Pay pada berbagai sektor telah sukses dijalankan, saya optimis kerjasama ini juga dapat memberi dampak positif,” kata dia.

Inovasi pembayaran ini juga diyakini akan dapat membantu mewujudkan Semarang Smart City dan akan mendorong terbentuknya smart society pada masyarakat Kota Semarang. Dia juga berharap kedepan layanan ini akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah yg nantinya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan publik lain di kota Semarang.

Adapun masyarakat yang ingin membayar PBB dengan Go-Pay cukup dengan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PBB menggunakan aplikasi Go-Jek dan memasukkan jumlah yang harus dibayar. Lebih lanjut, Arno mengatakan, di Kota Semarang ekosistem pembayaran Go-Pay tidak hanya terkait layanan publik yaitu Trans Semarang dan PBB.

Go-Pay juga telah memperkenalkan solusi pembayaran di tempat seperti di Go-Food Festival, di puluhan UMKM dan juga sedekah digital di Masjid Baiturrahman. “Kami berharap bahwa kehadiran Go-Pay di Kota Semarang akan semakin memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat mulai dari belanja, membayar layanan publik, hingga berdonasi,” ujarnya menutup pembicaraan.

Editorr: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)