Pengaruh Internet di Kehidupan Internasional

Pada saat ini, teknologi memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sangat diandalkan manusia adalah internet. Perkembangan ini ditandai dengan tingginya penjualan smartphone, terutama di Indonesia. Sayangnya, tidak semua perkembangan teknologi ini, tidak semuanya menguntungkan manusia.

Menurut Jovan Kurbalija, ketergantungan ini tidak disadari manusia bahkan efek dan dampaknya pun seringkali tidak disadari. Contohnya saat kita melakukan instalasi tools dari internet, terms of agreement nya, jarang sekali dibaca. Padahal disaat itu, kita sedang menukarkan data diri kita dengan layanan gratis dari pihak tersebut.

Penyedia layanan internet seperti Google dan Facebook, memiliki penyimpanan data yang besar. Beberapa perusahaan menggunakan data tersebut untuk diolah dan kemudian digunakan. “Itu adalah data personal kita yang tanpa kita sadari kita tukar dengan sesuatu yang gratis. Anda tentnya tidak berfikir bahwa perusahaan yang bergerak di bidang internet, tidak mendapatkan pemasukan darimanapun bukan? Data tersebut adalah jawabannya” ujar pendiri DiploFoundation dan ketua Geneva Internet Platform ini.

Dr Jovan Kurbalija, Founding Director of DiploFoundation dan Head of the Geneva Internet Platform (Foto: IST) Dr Jovan Kurbalija, Founding Director of DiploFoundation dan Head of the Geneva Internet Platform (Foto: IST)

Perubahan gaya hidup tentunya merubah sudut pandang, cara berkomunikasi, efisiensi, dan salah satunya adalah diplomasi. “10-30 tahun yang lalu saat ingin berdiplomasi, negara akan mengirimkan perwakilannya. Namun kini diplomasi bisa dilakukan menggunakan internet, selain lebih praktis tentunya dapat menekan biaya. Padahal dalam diplomasi, hal-hal yang dibicarakan adalah pembicaraan yang sensitif seperti ekonomi dan politik.”

Selain itu menurutnya lagi manusia, dalam berkomunikasi membutuhkan kontak fisik seperti sentuhan, tatapan, dan suara, agar apa yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas. Kontak fisik tentunya tidak bisa digantikan hanya dengan gambar yang muncul di layar.

Munculnya internet saat ini memunculkan berbagai kemudahan bagi setiap orang, terutama dalam kejahatan.” Ada yang disebut sebagai dark website, yaitu website-website yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu dan didalamnya pun identitas pengguna harus tersembunyi. Website-website seperti ini digunakan untuk menjual obat-obat terlarang, human trafficking, dan berbagai kegiatan kriminal lainnya.”

Menurutnya yang terpenting adalah menjaga diplomasi negara salah satunya dengan menggunakan domain sendiri.”Domain sendiri merupakan salah satu diplomasi negara yang cukup efektif. Indonesia misalnya, di mata internasional memiliki sumber daya ekonomi yang mumpuni. Seperti sumber daya alam dan manusianya. Oleh karena itu, Indonesia harus bisa memposisikan dirinya di kancah internasional.”

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)