Pengguna Listrik Terbesar Adalah 8 Mall di Jakarta

Dari 10 konsumen terbesar Perusahaan Listrik Negara (PLN), delapan diantaranya ternyata adalah mall di Jakarta, sisanya Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan Bandara Ngurah Rai.

Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala Badan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bambang P. S. Brodjonegoro, dalam diskusi publik tentang rencana Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (RAPBN) 2013 yang digagas Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Selasa (16/10).

“Subsidi energi kita di 2012 total mencapai Rp 300 triliun. Jumlah itu empat kali lebih besar dibanding belanja bantuan sosial. Ada ketidakadilan, sebab 10 pelanggan terbesar PLN ada di sektor bisnis yakni delapan mall di Jakarta, sisanya Bandara Soetta dan Ngurah Rai. Untuk harga BBM, masih ada unsur politik yang tidak ingin menaikkannya,” kata bambang.

Karena menilai ada ketidakadilan, maka pemerintah melalui Kemenkeu ingin menaikkan harga listrik dan menurunkan subsidi listrik di RAPBN 2013. Dengan adanya penurunan subsidi listrik, maka alokasi dana akan dialihkan ke belanja modal.

"Di RAPBN 2013 awalnya kita mengalokasikan Rp 193 triliun untuk belanja modal termasuk infrastruktur. Tetapi dengan berkurangnya subsidi karena kita menaikkan tarif listrik, kita memperoleh tambahan untuk belanja infrastruktur sehingga tahun depan untuk pertama kalinya dalam sejarah belanja modal kita tembus Rp200 triliun," ujarnya.

Belanja modal sebesar Rp200 triliun bahkan untuk pertama kalinya juga lebih besar dibanding belanja barang. Belanja modal tahun 2013 mencapai 17% dari APBN, naik dari 9,1% di 2005. Pada saat yang sama porsi subsidi semakin kecil, dari 33,4% dari PDB pada 2005 menjadi 27,8% pada 2013.

“Dengan bertambahnya belanja modal, otomatis akan meningkatkan pengeluaran untuk investasi infrastruktur,” tambah Bambang. (Lila Intana)

Leave a Reply

1 thought on “Pengguna Listrik Terbesar Adalah 8 Mall di Jakarta”

Tidak akan terjadi Krisis Energi, Kerusakan Alam, dan hal-hal buruk seperti itu JIKA ... Pemerintah atau ada pihak yang Peduli pada Berita Baik ini. Lihat di : http://metrotvnews.com/wideshot/videos/5485/penemuan-putra-indonesia-kejutkan-dunia,-selamatkan-masa-depan-2 ATAU http://www.youtube.com/watch?v=eYmRrKyljgo ( the ETERNAL GREEN ENERGY that will Save the Future of ALL ! ... an Invention from an INDONESIAN ). Benarkah ada yang Peduli ?
by allison.a.william, 05 Nov 2012, 19:02

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)