Listed Articles

Penjualan Figo Merosot Bikin Ford Ketar-Ketir

Penjualan Figo Merosot Bikin Ford Ketar-Ketir

Ford Motor Co sempat mendapatkan tiga kali lipat penjualan saat pengenalan mobil Figo seharga US$ 8.400, tahun lalu. Namun sayangnya, permintaan mobil entry-level merosot saat ini sehingga perusahaan mengandalkan harapan kepada konsumen untuk membeli mobil berharga dua kali lipat.

Pengapalan Figo, yang meningkatkan 80% penjualan Ford di India, menurun drastis pada Mei ini, terkait suku bunga yang meningkat dan biaya bahan bakar yang membengkak. Untuk mengembalikan pertumbuhan di semester kedua, Ford berencana memperkenalkan model Fiesta baru yang dikenai harga US$ 16.000, berdasarkan keterangan his Automotive. Ford memang berusaha memperluas daya tarik penjualan Figo yang dianggap mewakiliki pembeli berusia muda. Wajar memang mengingat Ford sedang dalam tahap ‘panik’ akibat penjualan bulan lalu merupakan titik paling rendah dalam dua tahun terakhir.

Hyundai Motor Co dan Maruti Suzuki India Ltd mendominasi pasar untuk kalangan mobil ukuran sedang dengan pangsa pasar gabungan 44%. “Figo menjadi mobil pertama dan satu-satunya dari Ford yang sukses di India,” ujar Deepesh Rathore, direktur manajer his Automotive di New Delhi, India. “Pada segmen Fiesta, kompetisi sangatlah ketat karena konsumen telah berkembang.”

Reserve Bank of India menaikkan suku bunga 10% sejak awal 2010 untuk mengendalikan inflasi sehingga menurunkan jumlah permintaan mobil di negara itu. Apalagi, 80% dari semua pembelian didanai oleh pinjaman. Pelanggan menunda pembelian mobil terkait pemilihan mobil model diesel yang mengarah pada ketidakcocokan pasokan, berdasarkan keterangan Michael Boneham, president Dearborn, “Sangat jelas terlihat, terjadi penurunan jumlah keinginan membeli di masyarakat,” ujarnya lagi.

Penjualan mobil berpenumpang Ford di India jatuh 12% menjadi 6.874 unit di Mei dibandingkan awal tahun ini. Dibandingkan April, jumlah yang sama di Mei menurun 1,7%, berdasarkan data Society of Indian Automobile Manufactures. Jumlah ini dibandingkan dengan 7% peningkatan penjualan mobil di seluruh dunia sebanyak 158.817, merupakan angka paling rendah sejak Mei 2009.

Dimulai dengan harga 376.985 rupee di Mumbai, Figo 1,2 liter itu meningkatkan jumlah pengiriman hampir tiga kali lipat hingga 95.395 total penjualan pada 31 Maret 2011. Peringkat itu menjadikan Ford berada di belakang Maruti, Hyundai dan Tata Motors Co. Penjualan memang menurun. Ford menjual 5.608 unit Figo pada Mei ini, 11% lebih rendah dibandingkan Mei 2010. Pengiriman April pun turun menjadi 6.013 dari 6.030 di April 2010. Ford menghabiskan dua setengah tahun untuk melakukan penyesuaian Figo sebelum memperkenalkan mobil ini di India.

Ford menganggap pasar India sangat berkembang pesat selama 4 tahun terakhir setelah perusahaan melihat pasar Amerika Serikat tidak lagi menggiurkan akibat resesi, ujar Boneham. Ford meningkatkan jumlah outlet mereka di India dari 120 menjadi 170 dalam kurun dua tahun serta melatih para staf penjualan mereka untuk memberikan informasi rinci soal bahan bakar dan biaya servis kepada pembeli potensial.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved