Permintaan PC Berkurang, Dell Incar Citrix dan Informatica

CEO Michael Dell tampaknya akan menggelontorkan US$ 15 miliar untuk mengakuisisi Citrix System Inc dan Informatica Corp. Ini merupakan strategi perusahaan untuk menghindari kerugian jangka panjang akibat permintaan pasar atas PC yang semakin turun. Apalagi, Dell kehilangan hampir seperempat pangsa pasar dalam lima tahun tahun terakhir.

Setelah melaporkan penurunan keuntungan terbesar di 2010, penjualan Dell tampaknya hanya naik 3% atau malah kurang pada tahun fiskal 2011, berdasarkan estimasi yang diungkapkan analis kepada Bloomberg. Karena itu, tampaknya Dell akan melakukan pengambilalihan besar-besaran untuk mendorong pertumbuhan dan memperluas nilai mereka di bidang piranti lunak dan jaringan, ungkap Sterne Agee & Leach Inc. Citrix yang menjual program yang memungkinkan perusahaan mengurangi jumlah server itu kini memiliki 14 penyuplai software di AS.

Dell saat ini tengah menderita akibat perubahan pasar komoditas hardware,” kata Keith Wirtz, Chief Investment Officer Fifth Third Asset Management. Bagi Dell, pilihan atas Citrix dan Informatica sangatlah masuk akal. Dell perlu melakukan diversifikasi atas produk yang mereka tawarkan. “Software merupakan pilihan yang alamiah,” kata Wirtz.

Dell menhadapi persaingan yang berat dengan produsen asal Asia seperti Lenovo Group Ltd dan Acer Inc yang menawarkan laptop berharga murah. Selain itu, muncul pula fenomena pergeseran pilihan konsumen dari PC ke komputer tablet seperti iPad milik Apple Inc. Meskipun dinobatkan sebagai produsen PC terbesar di dunia, pendapatan Dell dari desktop anjlok 32% dalam lima tahun terakhir. Apalagi, harga produk PC turun 20% dengan rata-rata US$ 726 per produk. Selain itu, pengapalan PC Dell di kuartal sebelumnya turun 12,5%.upaya Dell untuk masuk ke pasar mobile-computing dengan smartphone Venue Pro ataupun tablet Streak pun gagal menarik perhatian.

Dell seperti berada di sebuah kotak kecil. Software merupakan lubang yang harus mereka masuki. Bagaimana caranya? Akuisisi merupakan strategi yang mungkin muncul,” kata Anand Srinivasan, analis di Bloomberg Industries. Penjualan atas Citrix yang memiliki nilai ekuitas US$ 11,9 miliar tersebut mungkin mengalami pertumbuhan 16% di tahun ini. Sebelumnya, perusahaan hanya meraih pertumbuhan 7,5%, berdasarkan data S&P 500.

Citrix, perusahaan penyedia software, memungkinkan pegawai menggunakan aplikasi kerja mereka dari rumah memanfaatkan internet. Selain itu, perusahaan 'mengembangkan diri' ke area software virtualisasi dan komputasi awan yang memungkinkan pebisnis menjalankan program server di pusat data mereka. Bahkan, Juli lalu, Citrix membeli Cloud.com Inc yang memungkinkan perusahaan mengatur lalu lintas data mereka di server.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)