Pesona JNE 'Lahir' dari Budaya Oleh-oleh Indonesia

Jika Anda pergi ke luar kota, pikiran utama selain liburan, seringkali, terkait soal oleh-oleh khususnya makanan. Namun, masalah timbul bila masyarakat merasa ribet menenteng oleh-oleh tersebut. Pola inilah yang dimanfaatkan oleh JNE dalam memperkenalkan 'Pesona' (Pesanan Oleh-oleh Nusantara).

 

Ide muncul saat rapat pimpinan atau dinas ke cabang, karyawan JNE seringkali dititipi pesan untuk membawa oleh-oleh makanan atau produk khas daerah tujuan. Lalu, kenapa tidak JNE membantu dan bekerja sama dengan produsen makanan khas daerah agar masyarakat tidak perlu repot membawa oleh-oleh,” kata Senior Corporate Communication Manager PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Visi Firman.

 

Untuk menjamin makanan tersebut tidak rusak, JNE melakukan tes internal dengan melihat kondisi makanan terutama masa kadaluarsa dan pengemasan yang aman. JNE juga menyesuaikan dengan layanan yang ada (SS,YES, REG, OKE). Sebagai contoh, karena kepiting dari Balikpapan atau Ujung pandang hanya bisa tahan dalam waktu kurang lebih 8-10 jam, JNE memberikan rekomendasi layanan Super Speed (SS) atau hari ini order hari ini bisa sampai ke tujuan.

 

JNE mempunyai kemampuan untuk mendistribusikan sekaligus mempromosikan produk-produk kuliner tanah air dari 18 kantor cabangnya dan sekitar 1500 jaringan titik lokasi sampai ke tingkat kabupaten di seluruh Indonesia dengan total jumlah perngiriman 1,5 juta kiriman per bulan. “Peluang Bisnis ini sangat terbuka lebar dan banyak yang bisa dieksplorasi, terutama produk- produk UKM di daerah yang masih belum dikenal luas oleh masyarakat banyak. Untuk pemasaran, target konsumen adalah perantau atau komunitas-komunitas yang rindu akan masakan atau produk-produk yang asli dari daerah,” kata Visi Firman.

 

Selain memberi kemudahan bagi masyarakat untuk menikmati makanan khas daerah, pelaku bisnis juga cukup diuntungkan dengan keberadaan Pesona JNE. Banyak usahawan daerah yang mengembangkan produk makanan daerah dari skala UKM yang eksis namun pengembangan pemasaran mereka hanya sebatas di wilayah itu, ke cakupan yang lebih luas. Pembeli setempat atau orang-orang yang pelesiran ke daerahnya.

 

Skala bisnisnya cukup besar. Pertumbuhan pesanan Pesona JNE sejak 2010 hingga saat ini naik sampai 400%. Omset transaksi kiriman JNE untuk layanan Pesona ini hampir mencapai Rp 500 juta pada tahun 2010 dan bekerja sama dengan 650 vendor (pemasok produk kuliner daerah).(Acha)

Tags:
JNE Logistik

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)