Produsen Angry Birds Raup Valuasi US$ 1,2 Miliar

Rovio Entertainment Oy, pencipta game populer Angry Bird, dikabarkan akan menerima dana yang memungkinkan valuasi perusahaan mencapai US$ 1,2 miliar. Investasi tersebut dikabarkan berasal dari Espoo, produsen game berbasis di Finlandia.

Informasi ini diperoleh dari dua orang yang tidak disebutkan namanya oleh Bloomberg. Espoo sedang mempertimbangkan investasi strategis dari perusahaan yang bergerak di bisnis hiburan. Sayangnya, nama perusahaan tersebut tidak dapat diungkapkan ke publik. Di sisi lain, Rovio telah menolak tawaran yang sama dari investor institusi besar. Rovio diperkirakan akan memanfaatkan dana itu sebagai 'sumber daya' dalam melakukan ekspansi.

Apalagi, perusahaan berencana membuat film 'Angry Birds' dan membuka kantor di luar Finlandia. Mereka juga mencari cara untuk kapitalisasi merek dagang populer tersebut di Cina, negara yang sudah menjual icon Angry Birds setidaknya di 200 toko ritel. “Beberapa perusahaan yang mengincar Rovio diantaranya Electronics Arts Inc, Zynga Inc, News Corp dan Walt Disney Co,” ujar Direktur Penelitian Wedbush Securities Inc, Michael Pachter.

Saya bisa melihat bagaimana Disney akan memanfaatkan Angry Birds dan mengubah produk itu menjadi kawasan theme-park ataupun film,” kata Pachter lagi. “Di sisi lain, Zynga akan mengubah Angry Bird menjadi 'FarmVille'.”

Maret lalu, Rovio menerima dana US$ 42 juta dari beberapa investor diantaranya Skype Technologies Sa dan Facebook Inc. Juru bicara Rovio, Sini Matikainen, tidak mau berkomentar atas spekulasi dana baru itu. Begitu pula dengan juru bicara dari Electronics Arts, Zynga, News Corp dan Disney. Angry Birds merupakan salah satu game populer yang ditawarkan situs jejaring sosial baru milik Google Inc.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)