Q4, Seagate Technology Raup Untung US$ 2,9 Miliar

Seagate Technology, produsen disk drive dan solusi penyimpanan data, melaporkan pendapatan US$ 2,9 miliar dengan keuntungan kotor sebesar 19,3% dan laba bersih US$ 119 juta. Selain itu, perusahaan kuartal ini berhasil menjual 52 juta disk dan penjualan tahun fiskal meningkat hingga 199 juta unit.

Untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 1 Juli 2011, perusahaan melaporkan pendapatan sebesar US$ 11,0 miliar, dengan keuntungan kotor sebesar 19.6%, laba bersih sebesar $511 juta dan pendapat terdilusi per saham sebesar US$ 1,09. Pada basis non-GAAP, yang tidak termasuk dampak bersih dari kehilangan atas pembayaran hutang, pembelian amortisasi tak terukur, restrukturisasi, penghapusan atas sebuah investasi equitas, pendapatan atas penjualan dari salah satu fasilitas perusahaan, pengeluaran-pengeluarana yang berhubungan dengan transaksi sebelumnya dengan Samsung dan penyesuaian pajak berhubungan dengan tahun-tahun fiskal sebelumnya, Seagate melaporkan laba bersih sebesar US$ 578 juta dan pendapatan terdilusi per saham sebesar US$ 1,24.

Sebagai tambahan, Seagate mengembalikan US$ 77 juta ke para pemegang saham dalam bentuk dividen dan membeli kembali US$ 822 juta saham biasa Seagate. “Seagate dan industri diuntungkan oleh permintaan yang tinggi atas aplikasi-aplikasi dan arsitektur-arsitektur baru yang berhubungan dengan perangkat mobile dan konektivitas,” ujar Steve Luczo, pemimpin, presiden dan CEO Seagate.

Karena hard disk drive penyimpanan data adalah sebuah teknologi mendasar dari para penyedia layanan cloud, pusat-pusat data dan semua penyedia layanan konten berbasis jaringan lainnya, total pertumbuhan permintaan industri hampir mencapai 40% pada tahun fiskal 2011 hingga 330 million terabytes,” kata Steve lagi.

Untuk bulan kuartal bulan Juni, rata-rata kapasitas per drive Seagate yang terjual tumbuh sekitar 590 GB meningkat sebesar 39% per tahun. Dengan semakin banyak konten online dan layanan-layanan yang tersedia ke lebih dari semiliar erangkat mobile, perusahaan berharap permintaan kapasitas penyimpan data akan terus meningkat dan Seagate dapat memperoleh keuntungan dari pertumbuhan ini.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)