'Rahasia' Sinar Mas di Ranah Properti Asia Tenggara

Sebagai salah satu pengembang ternama di Indonesia, Sinar Mas Land ternyata berambisi untuk bermain sebagai pengembang papan atas di Asia Tenggara. Perusahaan mengklaim keunggulan mereka terkait komitmen kepada konsumen maupun pemegang saham.

Pernyataan tersebut diungkapkan Managing Director Corporate Strategic and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra. “Kami membangun hubungan dengan konsumen dan kualitas layanan. Kami sangat menyadari bahwa konsumen itu penting. Inilah yang tidak dimiliki oleh pengembang lain. Setelah menjual produk, mereka meninggalkan para konsumen.”

Ada beberapa properti yang berada di bawah bendera Sinar Mas Land. Pertama adalah city. Ini merupakan pengembangan sebuah wilayah menjadi sebuah kota dan pada akhirnya menjadi sebuah kota mandiri, sebut saja BSD City dan Deltamas. “Untuk mengembangkan proyek ini setidaknya kami harus memiliki 2000-3000 hektar lahan agar bisa digarap secara berkesinambungan,” ujar Ishak. Kedua adalah Towhship. Contohnya Grand Wisata. Ini proyek dengan lahan yang lebih kecil yakni sekitar 400 ha- 1000 ha.

Ketiga adalah residensial, contohnya Perumahan Permata Buana dan Banjar Wijaya. “Kami mengembangkan di atas tanah 50 ha-100 ha. Jadi tak terlalu luas,” ujar Ishak. Keempat adalah komersial yang dibagi menjadi dua yaitu gedung perkantoran dan ritel. Kelima adalah apartemen kondominium yang biasanya menyatu dengan ruang ritel yang lebih populer dengan sebutan superblok atau mix used property. Keenam, gedung perkantoran. Ketujuh, hotel. Setelah itu ada kawasan industrial.

Kami tidak pernah membagi properti dalam skala prioritas. Seperti diutarakan sebelumnya, kami ingin menjadi pemimpin di semua jenis properti. Tapi selama ini, hampir 50% properti yang kami kembangkan adalah township dan city development,” kata Ishak lagi. Berbicara soal kunci sukses perusahaan, Ishak mengaku Sinar Mas berusaha membangun properti mengacu pada satu aspek yaitu keinginan masyarakat.

Kami lihat apa yang dibutuhkan dan dicari konsumen. Kami membuatnya sesuai dengan ekspektasi mereka. Keinginan konsumen antara lain mereka ingin lokasi dan akses bagus, kedua investasi bertumbuh dengan cepat, ketiga likuid dijual bagus. Untuk itu, kami lakukan pembenahan agar semua hal tersebut mampu meningkatkan nilai produk,” kata Ishak.

Selain itu, Sinar Mas membangun fasilitas dan infrastruktur yang menjanjikan. “Lokasi bagus tapi akses sulit juga percuma. Kami bangun jalan agar komuter dan penghuni bisa mudah dari dan ke BSD. Sarana penunjang juga faktor penting. Sarana yang telah dibangun antara lain pendidikan, retail, mall, transportasi, rumah sakit, dan fasilitas penunjang lainnya.” (Acha)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)