Ramaikan Dunia Online, Apple Luncurkan iCloud

Apple Inc meluncurkan produk, untuk pertama kali sejak Steve Jobs meninggal, iCloud yang diharapkan mampu memikat jutaan konsumen yang loyal terhadap produk Apple. Layanan tersebut secara otomatis menyimpan foto, lagu dan data lainnya di server di pusat data Apple. Selanjutnya, data tersebut tersinkronisasi dengan semua gadget konsumen. Foto yang diambil dengan iPhone akan muncul pula di iPad, iPod Touch, Apple TV ataupun komputer yang memanfaatkan iTunes.

Tindakan Apple itu merupakan salah satu trik berkompetisi dengan sistem operasi Android milik Google Inc mengingat banyak produsen smartphone memanfaatkan Android, ujar analis teknologi di International Strategy & Investment Group, Bill Whyman. Jika iCloud dimanfatkan untuk beriklan, sesuatu yang sebelumnya tidak dilirik oleh produk Apple, maka konsumen merasa nyaman mengingat mereka tidak butuh waktu lama untuk mengunduh atau mengunggah data. Sehingga pada akhirnya, konsumen menjadi loyal dengan produk Apple, kata Whyman lagi.

Walter Price, manajer portofolio di RCM Capital Management, memperkirakan layanan iCloud dapat meraup nilai pasar Apple setidaknya US$ 100 miliar hingga US$ 500 miliar terkait meningkatnya layanan penjualan hardware dan pembelian lagu, film dan media lainnya. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$ 371,1 miliar.

iCloud juga disertai dengan fitur gratis perbaruan perangkat lunak iOS. Layanan tersebut menjadi penanda agresivitas Apple untuk meraih lebih banyak pundi-pundi uang di layanan berbasis internet. Apalagi, Apple memiliki toko online iTunes yang menyediakan penjualan lagu, acara TV, buku audio dan aplikasi seluler. “Memperkenalkan fitur yang memungkinkan semua perangkat kita tersinkronisasi membuat kita gila,” ujar Steve Jobs saat ia memperkenalkan iCloud di Worldwide Developers Conference Apple, Juni lalu. Dengan layanan tersebut, kata Jobs, segala sesuatu secara otomatis akan tersambung.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)