Raup Pasar 'Ekonomis', Accor Lancarkan Strategi Baru

Accor, jaringan hotel internasional asal Perancis, mengumumkan strategi dan babak baru dalam sejarah perusahaan dengan mencanangkan brand hotel ekonomis melalui brand ibis, ibis styles dan ibis budget. Accor telah menjadi pemain industri perhotelan sepenuhnya dengan superioritas di tiga area yaitu hotel operator, hotel franchisor dan pengelola aset perhotelan.

Denis Hennequin, Chairman dan Chief Executive Officer, Accor mengatakan telah mengevaluasi model bisnis mendasar perusahaan. Perubahan bukan sekadar pilihan, melainkan sudah menjadi keharusan. Perubahan pertama adalah di segmen brand ekonomis. Untuk melaksanakan hal tersebut, pihaknya akan bergantung kepada brand Accor yang akan menjadi lebih populer di mata publik. “Tujuan kami adalah untuk menawarkan pengalaman hotel yang unik dan baru dengan pergeseran brand dan layanan yang inovatif dan modern. Ambisi kami tersebut tercermin melalui identitas baru kami 'Open New Frontiers in Hospitality' dan hadir dengan identitas logo yang lebih tegas. ” kata Denis Hennequin.

Dengan kepemimpinan global, Accor akan melakukan perubahan signifikan terhadap portofolio brand ekonomis yaitu brand ibis, dimana perubahan ini akan menawarkan manfaat yang tak tertandingi dari kepopuleran brand ibis di seluruh dunia. “Dengan demikian, hotel-hotel ibis, Etap and All seasons akan berevolusi menjadi sebuah grup yang terdiri dari tiga brand yang solid, inovatif dan modern --- yaitu Ibis, Ibis Styles dan Ibis Budget. Brand 'ibis' sekarang menjadi basis portofolio brand ekonomis Accor,” tambah Denis.

Menurut Denis, harapan konsumen telah berubah secara signifikan. Segmentasi yang lurus vertikal antara brand ekonomis hingga brand hotel mewah merupakan hal dari masa lalu. Saat ini, seluruh brand harus dapat memproyeksikan citra dari brand itu sendiri kepada para konsumen sekaligus menawarkan layanan modern, kontemporer dan menarik.

Dengan alasan tersebut, Accor merasakan perlunya melakukan perbaikan terhadap layanan dan produk-produk ekonomis grup sehingga mereka dapat berkembang ke segmentasi pasar yang lebih luas dan memenuhi perubahan harapan para konsumen. Ibis menjadi Mega Brand dengan menghadirkan tiga brand: Ibis tetap menjadi brand 'Ibis', All Seasons akan menjadi ‘Ibis Styles’, Etap Hotel akan menjadi ‘Ibis Budget’

Pelaksanaan segmentasi baru ini akan selesai pada awal 2013 di seluruh dunia. Dengan segmentasi baru ini diharapkan dapat memperkokoh posisi, kejelasan dan konsistensi ketiga brand ekonomis sehingga memungkinkan Accor untuk menguasai pasar di beberapa kawasan dan juga akan melambungkan kepopuleran dan potensi pertumbuhan masing-masing brand ekonomis.

Saat ini Accor memiliki 1,500 hotel ekonomis di 4 benua. Dengan pergeseran posisi yang didukung sistem identitas tersebut, brand Accor bertekad menjadi brand paling kompetitif dan menarik di industri perhotelan bagi mitra, karyawan dan tamu hotel. Tahun ini, Accor akan membangun 12 hotel di Indonesia. Pembangunan kedua belas hotel tersebut menggenapkan jumlah hotel sebanyak 40 hotel.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)