Saingi Groupon, PayPal Pamer Diskon Online di 2012

Bisnis PayPal yang dimiliki oleh EBay Inc tampaknya menantang Groupon Inc dan LivingSocial.com di pasar yang menawarkan potongan harga di berbagai merchant secara online. PayPal berencana untuk menawarkan diskon yang disesuaikan dengan kebiasaan maupun lokasi konsumen.

 

Perusahaan akan membuat gebrakan pertama di dunia mobile deals pada kuartal pertama 2012, bekerja sama dengan setidaknya 200 perusahaan di Amerika Serikat, ujar Presiden PayPal, Scott Thompson. PayPal mengejar pasar diskon online yang mungkin naik dua kali lipat di 2015 menjadi US$ 4,17 miliar, menurut lembaga riset BIA/KElsey.

 

Thompson mengatakan PayPal mampu memanfaatkan pemahaman mereka tentang preferensi pelanggan dalam menyebarkan potongan harga lebih baik dari LivingSocial dan Groupon. PayPal mampu menargetkan konsumen tertentu saat smartphone konsumen melewati toko mereka. Dengan melirik pasar diskon online, PayPal mengincar keuntungan lebih banyak dari 103 juta pengguna mereka. Bahkan, PayPal mengincar keuntungan menyentuh angka US$ 7 miliar di 2013, lebih dari dua kali lipat keuntungan di 2010 sebesar US$ 3,4 miliar.

 

Pengalaman ini akan sepenuhnya berbeda dengan apapun yang pernahn dirasakan masyarakat,” kata Thompson kepada Bloomberg. “Kami hanya akan memberikan sesuatu yang menurut kami sesuai dengan kategori keunikan dan relevan. Pasalnya, semua orang tampak memborbardir Anda.”

 

Layanan PayPal membantu pihak ritel dan individu melakukan pembelian ataupun pembayaran, bahkan tanpa kartu kredit. Bahkan, perusahaan telah berhasil menggandeng Target Corp, Hewlett-Packard Co dan Best Buy Co. situs daily-deal memberikan kupon untuk diskon berbagai barang dan layanan seperti perangkat rumah tangga, perawatan kecantikan dan masih banyak lagi. Konsumen hanya perlu berlangganan via email. "Meskipun bisnis ini berkembang, pemimpin pasar yaitu Groupon dan LivingSocial sulit tampaknya untuk dilampaui," kata Peter Sorrentino, Senior Fund Manager Huntington Asset Advisors.

 

Groupon dan LivingSocial, jika digabungkan, memiliki pangsa pasar 73% di pasar tersebut hingga Oktober 2011, berdasarkan data Yipit, situs yang menawarkan agregasi penawaran online. Kedua perusahaan itu menawarkan potongan harga secara real-time setiap hari dengan program Groupon Now dan LivingSocial instant program.

 

 



--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)