Sandiaga S.Uno: Agar Sukses, Pelajari Pengalaman Orang-orang Sukses

Nama Sandiaga S. Uno di ranah bisnis sudah tidak asing lagi, Presiden Direktur Saratoga Investment itu berhasil meraih puncak karier di usia muda. Bagaimana caranya? Berikut petikan wawancara Tutut Handayani dari Majalah SWA dengan putra pengusaha wanita, Mien Uno itu.

 

Apa saja kiat yang dilakukan, sehingga Anda bisa menjadi Young on Top, dan malah kian berprestasi  hingga sekarang?

 

Saya mempelajari bahwa sukses itu mencakup berbagai macam hal. Dengan hanya mendalami satu prinsip sukses atau hanya memfokuskan pada satu bagian dalam hidup, tidak akan membawa kita menuju puncak kesuksesan. Namun, apabila kita terus selalu mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan kita (trial and error), maka saya optimistis hal tersebutlah yang akan mengantarkan kita pada puncak kesuksesan.

Salah satu strategi terpenting dalam meraih sukses adalah mencari tahu dan mempelajari apa yang telah dilakukan oleh orang-orang yang telah berhasil meraih sukses. Teruslah mencari tahu dan belajar dari pengalaman mereka, sampai anda mampu meraih kesuksesan seperti mereka.

Kita harus mampu memanfaatkan peluang dari kendala yang ada. Sebab di balik setiap masalah pasti ada peluang. Saya terlahir menjadi pengusaha ketika diberhentikan menjadi karyawan pada krisis moneter tahun 97-98 silam. Selain itu semangat untuk mau belajar dari kesalahan, pantang menyerah, dan tidak menginginkan semuanya dengan instant, dapat membawa saya sampai seperti saat ini.

Bagaimana Anda meningkatkan competency, capacity, dan capability? Culture dan character macam apa yang harus dimiliki?

 

Untuk meningkatkan competency, capacity, dan capability, kita senantiasa harus memiliki karakter dan komitmen yang kuat, integritas yang tinggi, tekun, bekerja keras, dan disiplin. Kita juga harus melakukan inovasi tiada henti dengan selalu tanggap terhadap perubahan dan selalu berusaha untuk membawa diri kita menuju perubahan yang lebih baik lagi. Akan lebih bagus lagi apabila kita berusaha untuk bisa menjadi seorang role model yang bisa memberikan contoh yang baik dan inspirasi bagi orang lain di sekitar kita.

Selain itu, kita harus bersikap optimis, berpikiran positif, jujur, lalu memiliki mindset dan visi hidup yang jelas juga tidak kalah penting dalam meningkatkan competency, capacity, dan capability.

 

Apa saja tantangan menjadi Young on Top Profesional or Entrepreneur itu?

 

Saya rasa tantangan terbesar yang harus saya hadapi adalah ketika harus membuat keputusan dan harus mengorbankan yang lain. Saya menyadari di dalam hidup ini segala sesuatunya memang butuh pengorbanan. Saya harus bisa mendengarkan, menjelaskan dengan akurat dan menjalankan keputusan dengan yakin.

Tantangan besar lainnya adalah menjaga keseimbangan dan membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan waktu santai untuk diri saya sendiri. Godaan seringkali datang ketika saya harus tetap berpegang teguh kepada komitmen yang sudah saya buat dan sepakati. Namun dengan niat yang kuat dan tekad yang bulat, Insya Allah kita akan dapat melawan godaan-godaan yang datang menghadang

 

Apa saja yang semestinya dilakukan mentor untuk anak-anak Young on Top ini? Lingkungan seperti apa yang mesti disiapkan buat mereka?

 

Para mentor juga harus selalu mengingatkan kepada anak-anak tersebut bahwa sesungguhnya orang yang benar-benar sukses bukanlah orang yang lebih pintar, lebih ganteng/cantik, ataupun yg lebih bekerja keras dari orang lain. Namun mereka yang  sukses merupakan orang yang memiliki pola-pikir yang berbeda, yang mampu belajar untuk memasukkan berbagai nilai-nilai penting dalam hidup mereka.

Lingkungan sangat menentukan dalam memungkinkan lahirnya generasi muda yang berprestasi. Lingkungan yang seharusnya dipersiapkan adalah lingkungan yang dapat mendukung, memotivasi, dan memfasilitasi generasi muda untuk terus maju dan berprestasi sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing di berbagai bidang.

Apa saja yang boleh dilakukan (does) dan tidak boleh dilakukan (doesn't) buat anak-anak muda yang ingin menjadi Young on Top dan terus eksis serta berkembang?

Yang boleh dilakukan: pertama, bekali diri dengan networking dan trust. Berkat modal jaringan koneksi dan kepercayaan yang kuat, maka peluang untuk meraih sukses akan semakin besar. Kedua, berani untuk menjadi yang pertama, juga berani dalam mengambil langkah dan keputusan. Jangan takut untuk menerima kegagalan, selalu belajar melalui trial and error. Ketiga, terus mencari tahu dan mempelajari apa yang telah dilakukan oleh orang-orang yang berhasil meraih sukses. Belajar dari pengalaman mereka, sampai bisa mampu meraih kesuksesan seperti mereka. Keempat, memiliki semangat untuk bekerja keras dengan menggunakan waktu yang cepat dan tepat. Kelima, jeli dalam menangkap dan memanfaatkan peluang dari kendala yang ada untuk direalisasikan dan dikembangkan.

Yang tidak boleh dilakukan calon Young on Top antara lain: pertama, jangan  mudah menyerah dan gampang berputus asa. Kita harus memiliki mental baja untuk bisa tetap survive dalam hidup ini.  Kedua, jangan hanya terpaku atau tertuju kepada satu hal saja, harus ada diversifikasi agar diri kita bisa maju dan berkembang. Ketiga, jangan berharap atau menginginkan segala sesuatu akan dapat tercapai secara instant. Setiap hal butuh waktu dan proses, tidak dapat terjadi dengan begitu saja. Keempat, jangan memaksakan diri untuk melakukan suatu usaha atau pekerjaan yang tidak kita cintai. Pilih usaha yang sesuai dengan minat dan bakat kita masing-masing. Dengan rasa cinta dan minat yang besar, maka akan timbul passion dan semangat yang besar dalam menjalani, memelihara, dan membesarkannya.

Leave a Reply

7 thoughts on “Sandiaga S.Uno: Agar Sukses, Pelajari Pengalaman Orang-orang Sukses”

sandiaga uno itu ramah bangett pada siapa saja, suka berbagi ilmu, religius dan ganteng..he is a really role model
by evidyna, 15 Sep 2011, 21:34
Sandiaga S Uno adalah teladan yang baik bagi para kaula muda jaman sekarang. Paparannya memberikan energi positif bagi orang lain untuk terus berusaha meraih kesuksesan hidup.
by vina, 29 Jan 2011, 07:30
Mantab nih orang :)
by rauff risharasakti, 14 Jan 2011, 02:49
Ass, Alhamdulillah saya sudah pernah berjumpa&mendengarkan langsung pengalaman &profile Mas Sandiaga S Uno. intinya luar biasa Muda, Energik,Kreatif & sukses perlu diambil contoh.tks
by ws.Pramono, 07 Sep 2010, 12:05
saya suka motifasi anda.. dengan membaca tulisan anda, saya merasa tergugah hati untuk selalu mencoba dan tidak takut gagal.. saya setuju dengan anda yang belajar dari gegagalan ( trial and error ).semoga saya bisa seperti anda menjadi young on top.. salam sejahtera
by musthofa nur wardoyo, 29 Aug 2010, 04:52
Assalaamu'alaikum Wr.Wb. Saya sangat salut pada Sandiaga S.Uno atas keberhasilan mencapai puncak kesuksesan dalam karir ataupun sebagai seorang entrepreneur muda meskipun pernah mendapat keterpurukan karena PHK pada sebuah Bank yang konon selangkah lagi akan mencapai posisi Direktur di Bank tersebut. Menanggapi hasil wawancara antara SWA dan Sandiaga S.Uno saya memiliki SATU pertanyaan saja yaitu syarat pertama Young on Top yakni Networking dan Trust, yang pada poin ini khusus untuk Sandiaga S.Uno bisa saja mendapat Networking dan Trust yang baik dan mendukung untuk pencapaian ke puncak keberhasilan yang tentunya tidak terlepas dari latar belakang keluarga yang baik yang sudah populer di Indonesia yaitu Yth.ibu Mien Uno. Oleh karena itu syarat pertama Young on Top bukanlah hal sulit untuk Sandiaga S.Uno sedangkan itu syarat utama untuk mencapai Young on Top. Pertanyaan saya apakah konsep syarat itu bisa diterapkan pada generasi pemburu Kesuksesan yang latar belakang keluarganya 'maaf' tidak sebaik dan sepopuler keluarga Sandiaga S.Uno? Mengingat untuk langkah kedua sampai kelima mungkin setiap orang dari kalangan manapun dapat mencoba berulang - ulang sedangkan Networking dan Trust itu 'ibarat' pohon adalah 'akar' sedangkan pohon yang rindang tanpa akar apalah artinya. Jadi 'akar' adalah syarat utama sebuah keberhasilan pohon yang tersembunyi. Demikian yang dapat saya sampaikan dan atas segala kearifan respon dari Sandiaga S.Uno saya haturkan banyak terimakasih. Wassalaamu'alaikum Wr.Wb. Ahmad Baedlawi, Denpasar - Bali.
by Ahmad Baedlawi, 15 Jul 2010, 14:27
kita jangan terlalu memandang orang tersebut sukses dari satu sisi saja. maraknya pencucian uang dari investor asing dengan mengatasnamakan orang2 yg ada di indonesia. dilihat juga jenis usahanya, jangan menyimpulkan kesuksesan dari satu sudut pandang saja. jurnalist harus berimbang dalam menampilkan profil orang2 sukses.
by agus, 06 Apr 2010, 09:07

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)