Serang Samsung, Apple Menang di Pengadilan Jerman

Apple Inc, perusahaan teknologi paling bernilai di dunia, berhasil memenangkan 'hati' pengadilan Jerman terkait pelarangan penjualan tablet Galaxy 10.1. Akibatnya, produk unggulan perusahaan asal Korea Selatan itu tidak boleh diperdagangkan di Jerman.

Pengadilan Dusseldorf menguatkan hasil pengadilan sebelumnya yang menyebutkan soal pelarangan sementara hampir sebagian besar produk Samsung. Namun, keputusan terbaru itu tidak menyebutkan pemblokiran produk Samsung di negara Uni Eropa lain, seperti yang diharapkan oleh Apple, ujar Kepala Hakim Johanna Brueckner-Hofmann. Apple selaku produsen perangkat tablet iPad juga memenangkan kasus lain di pengadilan yang sama, minggu lalu.

Kasus hukum itu memaksa Samsung 'mengundurkan diri' dalam mempromosikan perangkat tablet Galaxy Tab 7.7 di Pameran Produk Elektronik IFA, Berlin. Pertempuran hukum antara Apple yang berbasis di Cupertino, California, dan para pesaing di pasar komputer tablet, semakin parah. Ini sejalan dengan pesatnya pertumbuhan penjualan perangkat seluler, seperti tablet dan smartphone. Produk tersebut memang digandrungi karena dapat mengakses internet, bermain game online dan mengunduh musik dengan mudah.

Pengadilan berpendapat bahwa desain minimalis milik Apple bukanlah satu-satunya solusi teknis dalam membuat komputer tablet. Solusi desain lain sangatlah dimungkinkan,” ujar Brueckner-Hofmann. “Bagi beberapa konsumen terlihat adanya kesan dominan bahwa penampilan produk yang mirip desain Apple akan diblokir di Eropa.”

Di sisi lain, Samsung menegaskan akan naik banding atas keputusan pengadilan. Menurut mereka, hasil tersebut sangat membatasi pilihan konsumen di Jerman serta membatasi inovasi desain dan kemajuan dalam industri teknologi. Pengadilan Jerman sebenarnya tidak membandingkan tablet Galaxy dengan iPad, secara langsung. Mereka fokus pada desain Apple yang diajukan kepada Lembaga Kekayaan Intelektual Uni Eropa di Alicante, Spanyol.

Tablet Samsung tidak cukup 'menjaga jarak' dengan desain Apple, tegas hakim pengadilan. Meskipun sisi belakang tablet Galaxy berbeda dengan desain Apple yang didaftarkan secara resmi, poin penting terletak di sisi depan yang sangat identik dengan produk Apple. “Masalah paling penting adalah apakah tablet Galaxy tampak seperti poin-poin yang didaftarkan (oleh Apple) terkait desain,” kata Brueckner-Hoffman. “Di lain pihak, kasus kami tidak ada hubungannya dengan merek dagang ataupun paten teknologi.”

Analis Strategy Analytics, Neil Mawston memperkirakan penjualan tablet mencapai lebih dari 2,4 juta unit di Jerman, tahun ini, naik dari 0,6 juta di 2010. Hal tersebut membuat Jerman menjadi pasar terbesar ketiga di Uni Eropa, setelah Inggris dan Prancis.

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)