Sharp Targetkan Market Share Mesin Cuci 28%

Produsen elektroknik di Indonesia optimis, permintaan produk home appliances akan mengalami peningkatan, tak terkecuali untuk katagori produk mesin cuci. Menurut Meilianti, Home Appliances Product Manager PT Sharp Electronics Indonesia, tahun lalu pasar mesin cuci di Indonesia mencapai 1,5 juta unit, maka tahun ini diprediksi akan mencapai 1,8 juta unit. “Tahun lalu, Sharp menguasai marketshare mesin cuci sekitar 24%, maka tahun ini ditargetkan sekitar 28%” ujar Meilianti.

Rinciannya, tahun lalu untuk mesin cuci satu tabung marketsharenya 15,6% dan tahun ini ditargetkan 22,6%, sedangkan untuk jenis twin tab tahun lalu market sharenya sekitar 27,8% dan tahun ini ditargetkan sekitar 30%. Secara total kontribusi penjualan terbesar mesin cuci Cuci Sharap berasal dari jenis Twin tab (2 tabung) sekitar 73%, full auto (25%) dan Front Loading 2%. Menurut Fumihiro Irie Presdir Sharp Electronic Indonesia, secara total kontribusi mesin cuci terhadap pendapatan Sharp sekitar 10%, sedengkan kontribusi penjualan terbesar disumbangkan kulkas (22%), LCD TV (17,7%), AC (17,2%), CRT TV (12,6%) dan produk lainnya (20,9%).

Meningkatnya permintaan mesin cuci membuat Sharp kian agresif untuk meluncurkan seri terbarunya. Bila selama ini Shrap mendominasi pasar mesin cuci twin tab, kini perusahaan elektronik asal Jepang ini memperkenalkan serangkaian mesin cuci full auto yaitu Sharp Eco Drum yang dijual sekitar Rp 1,8-3,8 juta/unit dengan kapasitas 7-9 kilogram.”Kami optimis bisa menjual mesin cuci full auto Eco Drum sekitar 10 ribu unit/bulan untuk menguasai market share,” ujar Herdiana Anita Pisceria, Manajer Produk Sharp Electronic Indonesia.

Konsep Eco Drum didisain dengan fitur-fitur terkini sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Misalnya, dengan tabung tanpa lubang (holeless stainless stell tube) sehingga mesin cuci bisa menghemat penggunaan air dan detergen. Fitur unggulan lainnya silvermagic Ion Ag+ yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri dan bau. Selain itu, dari bodi terlihat kokoh dan aman serta dilengkapi karet yang dapat mencegah karat dan bisa tahan lama.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)