Sinar Mas Land Edukasi Pedagang Pasar

Indonesia memiliki banyak sekali pengusaha mikro-kecil dan menengah. Mereka juga salah satu motor pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, para pengusaha mikro, khususnya, masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah dan pelaku usaha yang sudah lebih dulu besar.

Sinar Mas Land kembali menggelar “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern BSD City, Kamis (23/03) lalu. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya UMKM. Pesertanya adalah para pedagang Pasar Modern BSD City yang dikelola pengembang Grup Sinar Mas tersebut.

Tema atau topik yang disajikan berbeda-beda setiap sesinya. Kali ini, temanya adalah cara usaha mikro dan kecil mengakses fasilitas perbankan dengan narasumber dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Tema ini dipilih agar pelaku usaha mikro dan kecil mengetahui cara mengakses fasilitas perbankan, seperti pinjaman, asuransi dan lainnya.

Sinar Mas Land kembali mengadakan “Pasar Rakyat School” di Pasar Modern BSD City.

Setiap bulan, Sinar Mas Land memberikan pembekalan pengetahuan kepada para pedagang sekali dengan berbagai topik diantaranya seputar pengembangan usaha kecil dan pengenalan bahan berbahaya yang terdapat di bahan pangan.

Beberapa waktu lalu, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Serang – Banten atau BPOM memberikan edukasi dengan materi materi “Pengenalan zat-zat berbahaya di dalam makanan”. Sehingga, para pedagang lebih memperhatikan bahan makanan dan minuman yang dijualnya.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada 2004 silam diatas lahan seluas 3,2 hektar. Ini dilakukan demi mengangkat status pasar tradisional yang semula kumuh menjadi pasar tradisional modern yang lebih tertata rapi dan bersih. Sehingga, mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM.

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

Kementerian Perdagangan juga akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land dalam hal bantuan design engineering detail (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional. Pemerintah menjadikan pasar modern BSD City sebagai “ benchmark” untuk pengelolaan pasar tradisional namun memiliki standar modern.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)