Solusi Tunas Pratama Lepas 16,7% Saham ke Publik

PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (STP) perusahaan yang bergerak di bidang usaha penunjang telekomunikasi, seperti penyediaan, pengelolaan dan penyewaan menara, melepas 100 juta lembar sahamnya ke publik atau sekitar 16,7 % dari seluruh jumlah saham setelah IPO dengan nilai nominal sebesar Rp 100 per lembar saham.

Direktur Utama STP, Nobel Tanihaha, menjelaskan, dari seluruh saham yang ditawarkan dalam IPO, sebanyak-banyaknya 5% akan dialokasikan kepada manajemen dan karyawan perusahaan dalam program Management and Employee Stock Allocation (MESA).

Masa Penawaran Umum direncanakan akan berlangsung pada tanggal 3 – 5 Oktober 2011, dan mulai dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 11 Oktober 2011.

Direktur Utama PT Ciptadana Securities Ferry Tanja menambahkan, “Kami optimistis saham STP diminati oleh investor karena kebutuhan menara telekomunikasi yang masih tinggi. Menara yang dikelola oleh STP sebagian besar terletak di daerah – daerah strategis yang sangat diminati oleh banyak perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Hal tersebut merupakan daya tarik calon investor saham perseroan.”

STP akan menggunakan dana yang diperoleh dari IPO, sekitar 35% untuk membiayai investasi pembangunan menara dan/atau penambahan sites telekomunikasi baru, sekitar 50% untuk akuisisi dan sisanya sekitar 15% untuk modal kerja.

Nobel mengaku, hingga saat ini perusahaannya memiliki menara telekomuikasi independen terbanyak di wilayah Jabodetabek. STP juga memiliki perjanjian kerja sama jangka panjang dengan 8 perusahaan telekomunikasi terkemuka dan 1 penyedia WIMAX di Indonesia. “Dengan tim manajemen yang berpengalaman, kami yakin dapat berkembang lebih pesat lagi” tambahnya.

STP didirikan sejak tahun 2006. Dengan pertumbuhan sektor telekomunikasi yang sangat pesat, STP mengembangkan portofolio menara telekomunikasi dengan mengakuisisi menara telekomunikasi yang ada dan membangun menara telekomunikasi baru secara build-to-suit . Per tanggal 31 Maret 2011, portofolio menara telekomunikasi STP adalah sebanyak 1.121, dengan 836 menara telekomunikasi atau 75% dari seluruh menara telekomunikasi berlokasi di Jabodetabek.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)