Sun Luncurkan JELC

"JELC adalah produk hasil kerja bertahun-tahun dalam membangun hubungan di antara para pemimpin bidang pendidikan dalam usaha memajukan dasar e-learning di seluruh dunia. Komunitas baru ini merupakan komunitas global terkemuka yang bersifat open dalam e-learning dan inovasi," ujar Kim Jones, VP Global Education & Research Sun Microsystems.

JELC dihadirkan sebagai respon terhadap pentingnya komunitas pendidikan, termasuk proses belajar mengajar teknologi-teknologi baru, pelatihan bagi para profesional, menjembatani kesenjangan teknologi dan mencapai tingkat akses global penuh untuk pengajaran dan materi terbaik. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sun menghimpun para pembuat keputusan dan penyelenggara pendidikan, seperti menteri pendidikan, menteri bidang TI hingga organisasi kemasyarakatan. "JELC adalah wujud dukungan Sun yang terus berkelanjutan pada Schools Interoperability Framework dan IMS Global Learning Consortium," tambah Ed Walker, CEO IMS Global Learning.

Menurut Jones, inti dari JELC adalah sebuah portal dalam java.net yang didedikasikan untuk komunitas pembelajaran dan pendidikan. Portal ini merupakan komunitas open berbasis web utama, yang akan bertugas menjadi titik akses pusat kolaborasi. Melalui memungkinkan terjadinya berbagi pengalaman kerja dan menciptakan standar akses layanan universal, kurikulum dan pelatihan untuk seluruh negeri dan lembaga akademik. Terpenting, portal ini akan menjadi katalisator pendorong terjadinya hubungan dan
jaringan kerja di antara komunitas pengguna.

Saat ini lebih dari 52 ribu pengembang di seluruh dunia telah bergabung dalam komunitas kolaborasi java.net dan telah bekerja sama dalam lebih dari 900 proyek. Umumnya proyek tersebut menyangkut pengembangan game berbasis teknologi Java sampai dengan pengembangan tingkat enterprise seperti layanan Java Web.

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)