Survei: Pegawai Facebook Paling Stres di 'Dunia Tekno'

Pegawai Facebook Inc merupakan pekerja termuda dan paling 'terpuaskan' dibandingkan perusahaan lain. Meskipun, pekerja yang menggerakkan situs jejaring sosial itu memiliki kadar stress terbesar di dunia bisnis teknologi, berdasarkan survei perusahaan penelitian PayScale Inc yang berbasis di Seattle.

Pegawai Facebook memiliki usia rata-rata terendah yaitu 26 tahun dengan porsi pekerja perempuan paling tinggi yaitu 33%. Di lain pihak, pegawai International Business Machines Corp (IBM) dan Hewlett-Packard Co memiliki usia rata-rata tertinggi yaitu 44 tahun.

Situs jejaring sosial yang dijalankan Mark Zuckerberg, 27 tahun, memang berkembang pesat seiring mapannya dunia teknologi, mesin pencari dan portal web misalnya. Karena itu, perusahaan dengan semangat mencari pegawai yang masih fresh, mereka tidak menilai berapa tahun pegawai tersebut menghabiskan waktu di dunia bisnis. “Kami tidak percaya bahwa jika Anda memiliki banyak pengalaman maka Anda mampu membuat perubahan besar,” kata Zuckerberg dalam video di situs karir perusahaan. “Lihatlah saya, oke? Saya mylai semuanya dari perguruan tinggi.”

PayScale mengumpulkan survei online dari pekerja di Amazon.com, Google Inc, Hewlett-Packard, IBM, Intel Corp dan Microsoft Corp. Meskipun begitu, hasil tidak diverifikasi oleh perusahaan karena studi memang bukanlah sampling ilmiah karena bergantung pada bagaimana pekerja menyampaikan data mereka. Berbicara soal pendapatan, gaji rata-rata Apple sebesar US$ 43.100, tidak termasuk pegawai di toko ritel perusahaan. Apple merupakan perusahaan dengan gaji terendah menurut survei PayScale, sedangkan perusahaan yang menggaji pegawai paling tinggi adalah Microsoft dengan pendapatan rata-rata US$ 86.900.

Apple mungkin memiliki lebih banyak desainer dan pemasar Web dibandingkan perusahaan lain. Karena itu, mereka memiliki gaji paling rendah dibandingkan perusahaan lain,” kata Al Lee, direktur analis kuantitatif PayScale. Perusahaan juga menggaji pegawai yang bekerja di rumah untuk menjawab panggilan telepon.

Di Facebook, gaji awal pegawai sekitar US$ 59.100, sekitar 49% lebih besar dari pendapatan rata-rata nasional. Sayangnya, pendapatan besar tersebut sejalan dengan tekanan pekerjaan, ujar survei PayScale. Meskipun para pegawai Facebook merasa terpuaskan, mereka mengaku sangat stres dalam bekerja. Wajar memang, mengingat perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California itu berambisi menjadi pemain utama di ranah perusahaan jejaring sosial.

Seiring dengan meningkatnya perekonomian di seluruh dunia, perusahaan teknologi harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan karyawan berbakat, kata wakil presiden Dice Holdings Inc, Tom Silver. Permintaan yang tinggi atas komputasi awan dan jejaring sosial membuat perusahaan teknologi membutuhkan lebih banyak pegawai. “Ada banyak perusahaan tradisional yang harus mengembangkan infrastruktur sehingga harus menaruh data mereka di komputasi awan. Permintaan atas pegawai teknologi tentu menjadi sangat besar.”

--

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)