Survey GWI: Mobile Networking Populer di Kalangan Generasi Muda

Jason Mander, Head of Trends GWI Jason Mander, Head of Trends GWI

Global Web Index (GWI), sebuah perusahaan riset yang mengkhususkan diri pada penilitian perilaku konsumen, meneliti di 32 negara dengan 90% pengguna internet global. Hasil riset tersebut menemukan cara orang berkomunikasi telah berpindah dari jaringan sosial tradisional ke jaringan mobile. Dan mayoritas pengguna/user adalah kalangan generasi muda usia 25-34 tahun.

Sejak kuartal IV tahun 2012, pengguna aplikasi mobile messaging terus tumbuh mencapai 36% di Asia Pasifik. Mewakili dua pertiga dari pengguna layanan pesan instan di dunia. Menurut Jason Mander, Head of Trends GWI, peningkatan tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya: memperoleh aplikasi tersebut tanpa biaya alias gratis, lebih cepat dari pada short message service (SMS) dan karena faktor banyak penggunanya. Adapun aplikasi yang paling populer dalam temuan tersebut adalah: WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat dan Skype.

“Aplikasi pesan mobile menjadi saksi pertumbuhan yang luar biasa. Hal tersebut ditandai dengan pengguna social networking yang lebih pasif. Orang melihat aplikasi mobile messaging sebagai cara yang lebih cepat untuk berkomunikasi, semoga pengguna aplikasi mobile messaging akan terus bertambah di kuartal akan datang,” jelas Jason.

Temuan penting lainnya, 40% dari pengguna internet global saat ini telah menggunakan aplikasi mobile messaging, meningkat hingga 46% di Asia Pasifik. Sebanyak 45% alasan orang menggunakan aplikasi messaging mobile ini karena gratis, 31% lainnya karena memberi akses pengiriman pesan langsung secara pribadi dan 27% sisanya beralasan cara menggunakannya sangat menyenangkan.

Menurut penelitian GWI, smartphone menjadi perangkat yang sangat penting bagi pengguna internet di Indonesia. Di mana 86% pengguna online saat ini memiliki smartphone. Di kuartal 3 2014, sebanyak 78% pengguna internet online menggunakan perangkat mobile. Sehingga terjadi pertumbuhan angka pengguna aplikasi mobile messaging.

Jason juga menjelaskan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini social networking adalah aktifitas online yang paling meningkat tajam di atas 187% di dunia, dan 242% di wilayah Asia Pasifik. Di akhir bulan lalu, Jason menambahkan ada peningkatan dari aktifitas social networking lewat smartphone dan tablet. Sementara aktifitas lewat laptop/pc mengalami penurunan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)