Tahun Ini Bank Muamalat Targetkan Pertumbuhan Bisnis 18%

Bank Muamalat turut memperkuat jaringan distribusi seperti ekspansi kantor cabang, penambahan jumlah ATM dan mobile branch.  Arviyan Arifin, Presiden Direktur Bank Muamalat, mengaku bahwa untuk tahun ini Bank Muamalat memiliki target pertumbuhan bisnis, baik dana pihak ketiga (DPK), pembiayaan, dan aset sebesar 17%-18%. “Untuk tahun ini kira-kira 17 sampai 18%. Untuk bulan Mei sampai Juni ini baru mencapai 7 sampai 8%,” ujarnya.

Lowongan Kerja Bank Terbaru Bank Muamalat Indonesia Untuk Lulusan D3 dan S1 Fresh Graduate Banyak Posisi

Berdasarkan rencana bisnis tahun 2014, Bank Muamalat akan menambah 4 kantor cabang baru, 48 kantor cabang pembantu, dan satu unit kantor kas. Bank Muamalat juga akan menetapkan status cabang devisa di 8 unit kantor cabang. Pada akhir tahun 2014 bank Muamalat direncanakan akan memiliki lebih dari 2000 unti ATM.

Sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2012, Bank Muamalat telah memiliki 53 unit mobile branch dan pada tahun 2014 akan menambah 50 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mobile branch Bank Muamalat berkontribusi secara signifikan pada perolehan dana pihak ketiga dengan total DPK MBM sebesar Rp90 juta pada kuartal 1 tahun 2013. Pada kuartal 1 2014 naik menjadi Rp286 juta atau naik sebsar 215%.

Meskipun mengalami kenaikan, namun perolehan laba hanya naik sekitar 10%. Bank Muamalat mengaku laba perseroan akan tertekan akibat adanya kenaikan biaya dana. “Pencapaian laba mungkin hanya tumbuh 10% karena kenaikan biaya dana. Di tahun ini, biaya dana kami naik sekitar 50 basis poin," tutur Hendiarto, Direktur Keuangan dan Operasional Bank Muamalat.

Adanya penyesuaian tingkat suku bunga di beberapa sektor pembiayaan juga menekan net interest marjin (NIM) Bank Muamalat. Hendiarto menuturkan bahwa NIM Bank Muamalat turun 50 basis poin menjadi 4%. “Bunga pembiayaan secara selektif kami sesuaikan. Tapi tidak semua kami refresh, apalagi yang kontraknya sudah fix,” pungkasnya.

Hingga bulan Mei 2014, Bank Muamalat membukukan DPK sebesar Rp44,8 triliun dengan pembiayaan Rp 43,3 triliun dan aset senilai Rp57 triliun. Sedangkan untuk laba, hingga Mei laba Muamalat hanya sekitar Rp270 miliar. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Tahun Ini Bank Muamalat Targetkan Pertumbuhan Bisnis 18%”

Tugas P.bissnis
by ogy, 11 Nov 2014, 14:33

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)