Tarif MRT Menjadi Perbincangan Terbanyak di Media Sosial

Selain perbincangan tarif MRT, masyarakat juga banyak memperbincangkan pembelian tiket, jenis kartu elektronik, fasilitas, dan nama stasiun

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi diluncurkan pada 24 Maret 2019 lalu setelah penantian 34 tahun oleh warga Jakarta. Antusiasme ini tentunya tidak luput menjadi perbincangan tersendiri di media sosial akhir-akhir ini.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait MRT di media sosial sebanyak 238.700 buzz, sejak 1 Maret hingga 20 April 2019. Dari perbincangan yang 90,2% berlangsung di Twitter ini, Isentia menemukan topik ‘Tarif MRT’ sebagai yang paling banyak dibahas oleh netizen.

“Kami menemukan netizen sangat antusias dalam membagikan informasi kembali daftar tarif resmi dari MRT. Selain itu, banyak pula netizen yang membahas dan bertanya satu sama lain terkait cara pembelian tiket MRT dan jenis kartu elektronik yang boleh digunakan,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager, Isentia.

Selain itu, ‘Bank DKI’ juga banyak disebut-sebut di media sosial karena mendukung sistem pembayaran tiket dengan JakCard. Topik mengenai ‘Toilet Umum’ juga ramai diperbincangkan. Meski banyak netizen memberikan respon positif terhadap fasilitas toilet yang memadai di dalam stasiun MRT, tak pelak ada juga yang menyinggung soal bau pesing di dalam kereta pada awal bulan April.

Soal penumpang MRT juga menjadi bahasan viral tersendiri bagi netizen. Dari total 2,222 buzz terkait penumpang MRT, 12.2% dari buzz tersebut mengeluhkan soal kelakuan warga yang ‘piknik di MRT’, diikuti dengan kelakuan yang ‘bikin elus dada’ sebanyak 3.2%, ‘lesehan’ 3.1%, (bikin) ‘malu’ 2.7%, serta kata ‘ndeso’ juga muncul sebesar 2.5% dari total buzz seputar penumpang MRT.

Untuk stasiun MRT yang paling banyak disebut di media sosial adalah Bundaran HI dan Lebak Bulus, sebagai stasiun awal dan akhir, mendapatkan mention paling banyak, masing-masing sebesar 64.6% dan 17.2% dari total 8,826 buzz terkait.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)